Akuisisi ini akan menghasilkan sinergi dengan operasi MedcoEnergi di Sumatra serta mendukung strategi perubahan iklim perseroan, termasuk peluang carbon capture
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) telah merampungkan akuisisi seluruh saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL) dari Phillips International Investments Inc selaku anak perusahaan ConocoPhillips Company.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan akuisisi ini sesuai dengan strategi perseroan untuk memiliki dan mengembangkan aset yang berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif.

"Akuisisi ini juga memperkuat posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan menegaskan kembali komitmen perseroan terhadap pembangunan nasional Indonesia," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

CIHL memiliki sepenuhnya saham ConocoPhillips (Grissik) Ltd sebagai operator dari Corridor PSC dengan kepemilikan 54 persen working interest dan 35 persen interest di Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia).

Corridor PSC memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatra Selatan berdekatan dengan operasi MedcoEnergi.

Mayoritas produksi dijual melalui kontrak jual beli gas jangka panjang kepada mitra yang handal di Indonesia dan Singapura. Melalui Transasia, MedcoEnergi memiliki kepemilikan saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di wilayah tengah Sumatra, Batam, dan Singapura.

Pasca transaksi, kinerja produksi migas MedcoEnergi tahun ini sebesar 155 mboepd, penjualan listrik 3.500 GWh, biaya produksi minyak dan gas per unit di bawah 10 dolar AS per barel, serta belanja modal migas sebesar 275 juta dolar AS dan kelistrikan 50 juta dolar AS.

"Akuisisi ini akan menghasilkan sinergi dengan operasi MedcoEnergi di Sumatra serta mendukung strategi perubahan iklim perseroan, termasuk peluang carbon capture," kata Hilmi.

Baca juga: Medco Power operasikan PLTGU 275 megawatt di Riau

Baca juga: IOG 2021, Medco Energi raih tujuh penghargaan dari SKK Migas

Baca juga: Medco Power garap proyek ekspor energi hijau ke Singapura

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022