Pariaman (ANTARA) - Hotel dan penginapan di Kota Pariaman, Sumatera Barat dipenuhi oleh atlet sepatu roda yang mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepatu Roda yang diselenggarakan tanggal 4 sampai 6 Maret 2022.
 
"Kejurnas Sepatu Roda ini diikuti oleh 510 atlet, mereka membawa orang tua dan keluarga. Jadi sekarang hotel dan penginapan, bahkan rumah warga juga disewa rombongan atlet," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai membuka Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman, Sabtu.

Baca juga: Awal Maret nanti ada Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman
 
Menurutnya dengan penuhnya hotel dan penginapan di Pariaman maka dapat menjadi peluang bagi investor untuk berinvestasi di daerah itu dengan membangun hotel berbintang.
 
Apalagi, kata dia pada tahun ini pihaknya melaksanakan 77 kegiatan yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke Pariaman yang tentunya membutuhkan hotel sebagai tempat istirahat mereka.
 
"Kami sedang upayakan agar investasi hotel di Pariaman bertambah," katanya.

Baca juga: Perserosi gelar Kejurnas "figure skating" di Jakarta
 
Ia mengatakan, Kejurnas Sepatu Roda merupakan kegiatan olahraga rutin yang dilaksanakan di Pariaman karena dinilai mampu mendatangkan banyak atlet dan wisatawan ke daerah itu.
 
Bahkan, lanjutnya, karena melihat antusiasme atlet sepatu roda pada Kejurnas sekarang maka menjelang akhir 2022 pihaknya juga akan melaksanakan kejuaraan sepatu roda kembali.

Baca juga: Johannes Wihardja finish pertama marathon 22 km
 
Selain itu Pariaman juga mengembangkan wisata berbasis olahraga, sehingga wisatawan dapat berolahraga sambil berwisata di daerah itu.
 
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia Riau Benny Saputra mengatakan, sepatu roda merupakan olahraga yang sekarang memiliki banyak peminat.
 
"Dan Pariaman rutin melaksanakan 'event' (kejuaraan). Ini bisa menjadi contoh pelaksanaan kejuaraan sepatu roda," ujarnya.

Baca juga: Syilvia Setiawan juarai nomor marathon 22 kilometer
 
Menurutnya Sumatera harus memiliki pusat sepatu roda dan ia mendukung Pariaman, Sumbar sebagai kandidat karena pada Kejurnas sekarang banyak diikuti peserta.
 
"Mungkin ini 'event' terbesar dalam sepatu roda karena diikuti oleh banyak atlet," tambahnya.  ***1***

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022