Terutama di China, saya kira permainan masih dikuasai Apple dengan iPad dan iPhone,"
Shanghai (ANTARA News)- Dell Inc bekerjasama dengan mesin pencari terkemuka China, Baidu, akan mengembangkan komputer tablet dan telepon selular untuk pasar China. Langkah itu berarti menantang Apple dan Lenovo yang kini mendominasi salah satu pasar terbesar di dunia itu.

"Kami bermitra dengan Baidu dan Anda tahu kami mempunyai tablet Streak 5, jadi kerja sama kami akan berlangsung dalam kerangka itu," kata juru bicara Dell kepada Reuters, Selasa.

Streak 5 merupakan tablet 5 inchi dari Dell dengan sistem operasi android, tetapi produksinya di Amerika Serikat telah dihentikan sebulan lalu.

Kerjasama dengan Baidu dan pasar sepotensial China - pasar tablet paling pesat di dunia dan negara dengan populasi ponsel lebih dari 900 juta unit - oleh para analis dinilai sebagai cara Dell untuk membangkitkan kembali bisnis komputer tabletnya.

"Menurut saya ini hanya usaha Dell, yang terus bermasalah dengan sektor tablet dan ponsel-nya, untuk meraih publisitas sehingga membuat produknya semakin menarik," kata Michael Clendenin, analis dari sebuah lembaga konsultan China.

Menurut dia akan sangat susah untuk menggeser Apple dan produknya di China.

"Terutama di China, saya kira permainan masih dikuasai Apple dengan iPad dan iPhone," lanjut Clendenin.

Baidu merupakan salah satu merk China yang paling terkenal sehingga tablet atau ponsel yang menyematkan nama mesin pencari itu akan bisa menarik perhatian konsumen negara itu. (Ber)

Penerjemah:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011