Prospek rubel sangat tidak pasti saat ini
London (ANTARA) - Rubel Rusia sedikit menguat di perdagangan luar negeri pada Selasa (8/3), dengan volume kecil setelah kerugian besar dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina, yang telah menjadikannya mata uang pasar negara berkembang dengan kinerja terburuk sejauh tahun ini.

Pasar lokal ditutup untuk hari libur umum, dengan perdagangan mata uang diperkirakan akan dilanjutkan pada Rabu.

Rubel telah jatuh lebih dari 40 persen terhadap dolar sejak awal tahun, dengan kerugian meningkat tajam setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, sebuah langkah yang memicu sanksi besar-besaran dari pemerintah-pemerintah di seluruh dunia.

"Prospek rubel sangat tidak pasti saat ini," kata William Jackson, kepala ekonom pasar berkembang di Capital Economics.

“Itu mengatakan, jika sanksi terhadap sektor energi Rusia diperluas, kemungkinan akan terdepresiasi lebih lanjut.”

Presiden AS Joe Biden pada Selasa (8/3) mengumumkan larangan impor minyak Rusia dan energi lainnya, dan barel minyak mencapai harga tertinggi minggu ini sejak pertengahan 2008.

Pembatasan pada Rusia dan pemberi pinjaman, perusahaan dan individu pentingnya, serta tindakan balasan dari Moskow, telah mempersulit investor untuk memperdagangkan aset-aset Rusia.

Di platform perdagangan EBS, rubel baru-baru ini diperdagangkan pada 127 per dolar, atau naik lebih dari 6,0 persen pada hari itu. Rubel diindikasikan sejauh 134 di Refinitiv, dengan volume turun 99 persen dibandingkan dengan rata-rata harian Februari.

Larangan minyak AS terus menekan pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk menghentikan serangannya yang menghancurkan di Ukraina, tetapi upaya untuk mengevakuasi warga sipil dari kota pelabuhan Mariupol yang terkepung gagal.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus".

Perdagangan saham di Bursa Moskow dibatasi sepanjang minggu lalu atas perintah bank sentral. Bank mengatakan perdagangan pasar saham sebagian besar akan tetap ditangguhkan pada Rabu, hanya mempertahankan rentang operasi yang terbatas.

Rusia akan dikeluarkan dari semua indeks pendapatan tetap JPMorgan pada 31 Maret, bank mengatakan pada Senin (7/3), bergabung dengan penyedia indeks saingan yang mengecualikan sekuritas Rusia setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sebuah perusahaan investasi yang memegang beberapa obligasi perusahaan energi Rusia Gazprom senilai 1,3 miliar dolar AS yang jatuh tempo pada Senin (7/3) mengatakan telah menerima pembayaran penuh dalam dolar AS. Investor tidak yakin apakah mereka akan dibayar setelah Rusia membatasi pembayaran kepada orang asing yang memegang sekuritasnya.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022