Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022 menyediakan hadiah berupa trofi, medali, dan uang pembinaan yang nilai totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Di samping itu, mereka yang meraih gelar juara, urutan kedua, dan urutan ketiga pada masing-masing kelas juga berhak ikut undian hadiah tambahan (doorprize) berupa sepeda motor.

Doorprize ada (satu unit) motor trail (yang akan diundikan) untuk juara satu, juara dua (satu unit) motor listrik, dan juara 3 (satu unit) motor matic,” kata Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan saat jumpa pers di lokasi lomba menembak, Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan per hari ini jumlah peserta yang mendaftar lewat jalur virtual dan langsung di lokasi hampir 500 orang.

Kolonel Rudi, yang juga menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Paspampres menyampaikan angka itu kemungkinan akan terus bertambah selama pertandingan berlangsung pada 10–13 Maret 2022.

Baca juga: Piala Danpaspampres 2022 digelar 10--13 Maret, ini jadwal lengkapnya

“Itu menunjukkan (Piala Danpaspampres 2022) sebagai hal yang positif,” kata Rudi Setiawan saat jumpa pers bersama Wakil Bendahara Umum (Wabendum) PB Perbakin Jarwo Susilo.

Ia menyampaikan Piala Danpaspampres 2022 terbuka untuk prajurit TNI, anggota Polri, dan masyarakat sipil.

“Tidak ada syarat khusus, selain suka menembak, ada keinginan berkembang semua bisa ikut. Kami tidak membatasi,” kata dia.

Piala Danpaspampres pada tahun ini kembali digelar setelah terakhir kali diselenggarakan pada 2018.

Kejuaraan menembak tahun ini digelar di tujuh kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Tujuh kelas pertandingan itu terdiri atas lebih dari 19 nomor pertandingan.

Baca juga: Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 terapkan prokes ketat

Untuk hari pertama, ada dua kelas yang dilombakan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, dan tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil.

Hari kedua Piala Danpaspampres melombakan lima kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Hari ketiga Piala Danpaspampres, Sabtu (12/3), lanjut melombakan lima kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Hari terakhir kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 merupakan babak final tembak eksekutif 20 meter TNI/Polri/Sipil, tembak presisi 25 meter TNI/Polri/Sipil, Paspampres Style TNI/Polri/Sipil, tembak reaksi IPSC dan non-IPSC, tembak air pistol dan air rifle.

Kelas lain yang digelar pada hari terakhir, tembak dueling plat perwira tinggi TNI/Polri/Sipil.

Baca juga: Kejuaraan Danpaspampres Cup 2022 utamakan keselamatan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022