Jakarta (ANTARA) - Warga dipersilakan menyaksikan lomba menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022 di Lapangan Tembak Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Senayan, Jakarta, Jumat.

“Masyarakat dipersilakan menonton lomba menembak. Siapa pun bisa lihat (ke lokasi) asal mereka membawa surat (hasil tes) antigen negatif (COVID-19),” kata Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan di Jakarta, Jumat.

Jika ada penonton atau peserta yang tidak membawa hasil tes antigen, panitia menyediakan tempat untuk pemeriksaan, kata Kolonel Rudi yang saat ini bertugas sebagai Asisten Operasi (Asops) Paspampres.

Baca juga: Piala Danpaspampres undang sejumlah pejabat dan artis

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar 10–13 Maret setelah vakum selama tiga tahun.

Piala Danpaspampres tahun ini melombakan tujuh kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Tujuh kelas itu terdiri atas lebih dari 19 nomor pertandingan.

Baca juga: Piala Danpaspampres 2022 beri pemenang hadiah total ratusan juta

Untuk hari kedua pertandingan, Jumat, kelas yang dilombakan antara lain tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle, dan air pistol, tembak Paspampres Style.

Tembak Paspampres Style, yang dapat diikuti prajurit TNI, anggota Polri, dan sipil menyuguhkan pengalaman berbeda dalam olahraga menembak.

Ketua Panitia Piala Danpaspampres menyampaikan peserta dapat mencoba pengalaman menembak ala Paspampres.

Baca juga: Piala Danpaspampres 2022 digelar 10--13 Maret, ini jadwal lengkapnya

Berbeda dari kelas pertandingan lainnya, Paspampres Style mewajibkan peserta mengenakan jas dan membawa jas antipeluru.

Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti kelas Paspampres Style diwajibkan berpindah tempat beberapa kali sambil menembak sasaran.

Kemudian, untuk tembak reaksi, tembak air pistol, dan tembak air rifle yang juga diselenggarakan mulai Jumat, banyak diikuti para penembak muda.

Baca juga: Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 terapkan prokes ketat

Para penembak muda itu sebagian besar tergabung dalam klub dan komunitas menembak tidak hanya dari Jakarta, tetapi dari wilayah di luar ibu kota.

Nantinya, para pemenang Piala Danpaspampres 2022 yang diumumkan pada hari terakhir kejuaraan, Minggu (13/3), akan menerima trofi, medali, serta uang pembinaan yang totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Di samping itu, mereka yang meraih gelar juara, urutan kedua, dan urutan ketiga masing-masing kelas berhak ikut undian hadiah tambahan (doorprize) berupa sepeda motor.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022