Seluruh kegiatan yang berada di luar ruangan wajib berhenti demi alasan 'safety' (keamanan, red)
Jakarta (ANTARA) - Hujan menghentikan sementara pertandingan di beberapa kelas lomba menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu.

Kegiatan itu dihentikan demi alasan keamanan, kata wasit dari kelas Tembak Reaksi IPSC Level II Yanto saat ditemui di lokasi kejuaraan.

"Seluruh kegiatan yang berada di luar ruangan wajib berhenti demi alasan safety (keamanan, red)," kata dia.

Walaupun demikian, beberapa peserta tetap berlaga di arena lomba saat masih gerimis. "Nilai mereka (para peserta yang berlaga itu, red.) tetap dihitung," tambah Yanto.

Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 kembali digelar pada 10–13 Maret 2022 setelah sempat vakum selama 3 tahun.

Baca juga: Warga dipersilakan menyaksikan lomba tembak Piala Danpaspampres 2022

Baca juga: Piala Danpaspampres undang sejumlah pejabat dan artis


Untuk tahun ini, kejuaraan menembak itu melombakan tujuh kelas pertandingan, yaitu tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle dan air pistol, tembak Paspampres Style, dan tembak ekshibisi.

Tujuh kelas itu terdiri atas lebih dari 19 nomor pertandingan. Sebagian besar kegiatan menembak berlangsung di luar ruangan, sementara tembak air pistol dan air rifle 10 meter berlangsung di dalam ruangan, tepatnya lantai 2 gedung Lapangan Tembak Senayan.

Piala Danpaspampres 2022 pada Sabtu memasuki hari ketiga. Untuk hari ini, kelas yang dilombakan mencakup tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, tembak reaksi non-IPSC (pistol nonoptik), tembak air rifle, dan air pistol, tembak Paspampres Style.

Menurut Ketua Panitia Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Infanteri Rudi Setiawan saat ditemui pada hari pertama pertandingan, Kamis (10/3), jumlah peserta mencapai sekitar 500 orang.

Jumlah itu diperkirakan terus bertambah sampai hari terakhir pertandingan, Minggu (13/3), kata dia menambahkan.

Baca juga: Kejuaraan menembak Piala Danpaspampres 2022 terapkan prokes ketat

Para pemenang kejuaraan menembak Piala Danpaspampres tahun ini, yang akan diumumkan pada hari terakhir lomba, akan mendapatkan hadiah berupa medali, trofi, dan uang pembinaan yang totalnya hampir mencapai Rp200 juta.

Tidak hanya itu, juara pertama, peringkat kedua, dan urutan ketiga pada masing-masing kategori berhak mengikuti undian hadiah tambahan (doorprize) berupa sepeda motor.

Peserta yang mendapatkan gelar juara berhak ikut undian motor trail KLX, sementara mereka yang berhasil menyabet posisi kedua berhak ikut undian doorprize motor listrik, dan mereka yang berada di urutan ketiga berhak mengikuti undian doorprize motor matic.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022