semuanya transparan dan dapat dipantau
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam menegaskan tidak ada lagi percaloan di lingkungan direktorat tersebut.

‘Sekarang tidak ada lagi percaloan, baik di tingkat pusat hingga daerah. Semuanya transparan dan dapat dipantau. Kalau ada ditemukan kasusnya, kita akan cari pelakunya dan disampaikan pada publik,” ujar Nizam pada taklimat pencanangan zona integritas Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan zona integritas merupakan zona yang didasarkan pada layanan yang penuh integrasi dan para pegawainya memiliki integritas. Nizam menjelaskan pihaknya sudah mencanangkan zona integritas pada 2020, dengan semboyan Sigap Melayani.

“Kami ingin melayani sebanyak sembilan juta mahasiswa dan dosen dengan baik, jadi perlu gerak cepat, penuh amanah dan profesional. Sikap melayani untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat,” terang dia.

Baca juga: Zona integritas bebas korupsi dicanangkan Ditjen Dikti Kemendikbud
Baca juga: FKM UI raih predikat zona integritas nenuju wilayah bebas korupsi
Baca juga: Kemendikbud: 14 perguruan tinggi lakukan pencanangan zona integritas


Pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM di Direktorat Sumber Daya mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Sofwan Effendi menuturkan bahwa Zona Integritas menuju WBK/WBBM merupakan peneguhan dan penyataan resmi bahwa seluruh sumber daya manusia (SDM) di unit Direktorat Sumber Daya untuk memiliki kapasitas dan kualitas integritas yang sangat tinggi. Hal itu dilakukan untuk menjaga layanan yang jujur dan bersih dari korupsi.

“Saya yakin bahwa hal itu dapat dilakukan apabila dibangun satu sistem yang mengkondisikan siapapun yang terkait Direktorat Sumber Daya untuk tidak dapat melakukan praktek-praktek tidak bersih yang mencoreng integritas baik individu maupun institusi," kata Sofwan.

Baca juga: ULM diharapkan jadi kampus percontohan penerapan Zona Integritas
Baca juga: KPK: Capaian WBK-WBBM jangan hanya "lip service"

Baca juga: Kemendikbud tunjuk UI sebagai PTN zona integritas

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022