BRILiaN Farm Solok di Sumatera Barat merupakan program kolaborasi ekonomi perdana antara YBM BRILiaN bersama Dompet Dhuafa dan akan tumbuh di banyak wilayah lainnya di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILian sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional bersama Dompet Dhuafa bekerja sama meluncurkan program kolaborasi pemberdayaan ekonomi bagi mustahik (penerima zakat) dalam bentuk Program "BRILiaN Farm".

"BRILiaN Farm Solok di Sumatera Barat merupakan program kolaborasi ekonomi perdana antara YBM BRILiaN bersama Dompet Dhuafa dan akan tumbuh di banyak wilayah lainnya di Indonesia," kata Badan Pengurus YBM BRILiaN Robi Priyadi di Jakarta, Ahad.

Ia menjelaskan pada Sabtu (19/3) 2022 dipusatkan di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, YBM BRILiaN- Dompet Dhuafa meluncurkan program dimaksud.

BRILiaN Farm di wilayah Solok itu, katanya, ke depan akan fokus pada budi daya hewan ternak kaki empat, khususnya budi daya penggemukan
sapi.

Program tersebut, kata dia, sebagai bentuk kepedulian terhadap para mustahik di wilayah Solok.

Pemilihan jenis usaha itu berdasarkan pada potensi wilayah dan peluang pasar yang besar.

Terlebih menjelang Hari Raya Kurban (Idul Adha) di mana permintaan sapi meningkat signifikan.

"Diharapkan melalui pemberdayaan ini dana zakat dapat menjadi pengungkit bagi meningkatnya perekonomian mustahik," katanya.

Program itu dibuat dengan skema Social Entreprise Base dengan pendekatan Close Loop Model, yaitu sistem yang mencakup keseluruhan proses bisnis dari hulu hingga hilir.

Sistem itu, yakni mencakup pada penyediaan fasilitas produksi, peningkatan kapasitas SDM, mempermudah akses pasar dan pendanaan awal sebagai modal dasar usaha, kata Robi Priyadi.

Sementara itu Regional CEO BRI Padang sekaligus Badan Pembina YBM BRILiaN RO Padang Narto Laksono menambahkan peternakan ini merupakan bentuk pemberdayaan dana zakat yang mengedepankan pengelolaan bisnis secara profesional dengan melibatkan mustahik sebagai salah satu pelaku usaha yang didampingi langsung oleh peternak berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Dompet Dhuafa selaku pengelola.

Ia mengatakan BRILiaN Farm adalah bentuk aksi nyata Insan BRILiaN dalam memberi makna Indonesia.

Program ini diharapkan dapat menjadi sebuah ekosistem usaha baru yang berkelanjutan dan impactful sehingga menjadi role model bagi
masyarakat lain.

Saat ini BRILiaN Farm Solok telah memiliki 40 ekor sapi yang diharapkan dapat menjadi pemasok hewan kurban pada bulan Juni hingga
Juli mendatang, demikian Narto Laksono.

Baca juga: LAZ YBM-BRI bertransformasi menjadi YBM-BRILian

Baca juga: Petani cabai terbantu pemberdayaan YBM BRI

Baca juga: YBM-BRILian gagas program WASH bantu air bersih masjid-mushala

Baca juga: YBM BRI salurkan zakat berupa 900 "Gerobak Bermakna"

 

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022