ini merupakan hasil dari zakat yang kami kumpulkan dari para pegawai Muslim di PLN
Pangkalpinang (ANTARA) - Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan zakat kepada warga membutuhkan di Desa Tanjung Kelumpang, Kabupaten Belitung Timur sebagai bentuk kepedulian pegawai perusahaan dalam bidang sosial kemasyarakatan.

"Bantuan ini merupakan hasil dari zakat yang kami kumpulkan dari para pegawai Muslim di PLN yang kami kelola kemudian disalurkan melalui kegiatan bakti sosial kepada kaum Muslim yang kurang mampu di Desa Tanjung Kelumpang, Kabupaten Belitung Timur," kata Ketua YBM PLN UIW Babel Adhi Setiawan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan YBM PLN memiliki lima pilar kegiatan, yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan dakwah. Untuk kegiatan bakti sosial kali ini yang dijalankan adalah program pilar kesehatan dan sosial dengan sasaran penerima manfaat dari golongan asnaf (orang yang berhak menerima zakat), salah satunya dhuafa.

"Pada kegiatan itu kita menggelar tiga pelayanan, yaitu pelayanan kesehatan gratis untuk 117 orang, ketahanan pangan dengan membagikan 100 paket sembako, dan khitan gratis kepada 10 anak," katanya.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan YBM PLN Babel di Pulau Bangka dan Pulau Belitung rutin digelar setiap tahun dengan menggandeng beberapa lembaga atau instansi, seperti pada kegiatan khitan dan pemeriksaan kesehatan gratis, YBM PLN bekerja sama dengan tim dari Klinik Al Fatih.

Baca juga: Srikandi-YBM PLN UID Kalselteng bagikan 100 paket gizi cegah stunting
Baca juga: YBM PLN sebar 2.150 paket gizi untuk tangkal stunting di Sulselrabar


Manajer PLN UP3 Belitung, I Made Agus Dwi Putra mengatakan kegiatan yang dilakukan YBM PLN merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diberikan PLN kepada masyarakat.

Menurut dia, PLN saat ini tidak hanya fokus dalam masalah kelistrikan, namun juga kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat maupun pelanggan menjadi bagian dari kegiatan tiap tahun.

"Kami akan terus mendorong agar YBM PLN semakin bertumbuh sehingga bisa terus menebarkan manfaat bagi masyarakat melalui program yang sudah dirancang," katanya.

Ia mengatakan kegiatan serupa akan terus dijalankan dengan sasaran masyarakat dan pelanggan yang ada di desa lain.

Baca juga: BKKBN Babel salurkan bantuan makanan tambahan untuk balita stunting
Baca juga: Kemenkumham Babel berikan 103 bantuan hukum ke warga miskin
Baca juga: Telkom salurkan dana bergulir UMKM Rp518,5 juta di Bangka Belitung

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023