Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah segera mengatasi penumpukan atau antrean Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) saat menjalani reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) di Bandara.

"Pemerintah harus segera mendorong Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan beberapa counter RT-PCR di setiap bandara guna mengatasi penumpukan PPLN yang datang ke Indonesia," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Bamsoet juga meminta pemerintah mempersiapkan sarana pendukung untuk syarat-syarat yang telah ditentukan bagi PPLN yang masuk ke Indonesia, agar syarat tersebut tidak menimbulkan permasalahan baru, akibat kurang terintegrasi-nya persyaratan yang diberikan dengan sarana prasarana yang memadai.

Baca juga: Imigrasi: Kedatangan PPLN di Bali dan Soeta meningkat signifikan

Baca juga: AP II paparkan penerapan ketentuan perjalanan luar negeri di bandara

Baca juga: AP I implementasikan syarat perjalanan terbaru penumpang luar negeri


Bamsoet pun mendorong pemerintah untuk meminta Angkasa Pura menambah dan menyiapkan ruang tempat tes PCR di bandara yang ditujukan bagi PPLN yang baru tiba di Indonesia, agar tidak terjadi penumpukan massa.

"Pemerintah maupun stakeholder yang terkait dengan sektor penerbangan, agar melakukan pengawasan terhadap operasional penerbangan, baik pre-flight, in-flight dan post-flight, guna memastikan seluruh persyaratan dari PPLN yang akan masuk ke Indonesia sudah terpenuhi dan didukung dengan fasilitas, serta sarana prasarana yang memadai," jelasnya.

Dia menekankan pemerintah harus tetap melakukan pengawasan proses kedatangan internasional di bandara, agar dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN ke Indonesia, dengan harapan tidak terjadinya penumpukan massa.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022