Belitung, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama sejumlah warga di daerah itu membersihkan jalan di kawasan industri Jelitik Sungailiat guna menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Gotong royong membersihkan sampah dan rumput di ruas jalan kawasan industri Jelitik guna menyambut Bulan Suci Ramadhan," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Jumat.

Selesai gotong royong dilanjutkan dengan menanam tanaman obat keluarga (toga), seperti serai, kencur, lengkuas, jahe, dan bibit jeruk nipis.

Baca juga: Pemkot Surakarta berikan sejumlah kelonggaran selama Ramadhan

Selain menyambut Ramadhan, katanya, kegiatan gotong royong membersihkan tempat yang dianggap kotor merupakan agenda rutin mingguan atau setiap Jumat.

Ia mengajak seluruh umat muslim di daerah itu menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah dan saling menghormati.

"Jamaah Shalat Tarawih harus tetap memakai masker meskipun saf shalat sudah diperbolehkan rapat," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan gotong royong melibatkan pejabat dan ASN Kabupaten Bangka dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk melakukan hal serupa di lingkungan masing-masing.

Dia mengingatkan masyarakat yang berada di kawasan rawan banjir agar memperhatikan kebersihan lingkungan, terutama memastikan saluran air bersih dari tumpukan sampah.

Baca juga: Bantul izinkan kegiatan Ramadhan sesuai protokol kesehatan
Baca juga: Haedar Nashir: Ramadhan momentum menebar perdamaian
Baca juga: Jamaah Ponpes Mahfilud Duror di Jember puasa lebih awal

Pewarta: Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022