Tokyo (ANTARA) - Euro merosot di dekat level terendah satu minggu terhadap dolar di perdagangan Asia pada Selasa pagi, di tengah pembicaraan tentang lebih banyak sanksi terhadap Moskow menyusul kemarahan internasional atas pembunuhan warga sipil Ukraina.

Dolar Australia datar, melayang di dekat harga komoditas yang didorong reli tertinggi sembilan bulan, menjelang keputusan bank sentral negara itu mengenai suku bunga di kemudian hari.

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa berjanji pada Senin (4/4/2022) untuk menghukum Moskow atas pembunuhan warga sipil di Ukraina utara, di mana kuburan massal dan mayat orang-orang terikat yang ditembak dari jarak dekat ditemukan di sebuah kota yang direbut kembali dari pasukan Rusia.

Baca juga: Harapan perdamaian di Ukraina angkat euro di Asia, dolar melemah

Kematian di Bucha, di luar Kyiv, menarik janji sanksi lebih lanjut terhadap Moskow dari Barat, mungkin termasuk beberapa pembatasan miliaran dolar energi yang masih diimpor Eropa dari Rusia. Kremlin membantah tuduhan terkait pembunuhan warga sipil.

Mata uang tunggal Eropa sedikit berubah pada 1,0975 dolar setelah turun serendah 1,0960 dolar di sesi sebelumnya untuk pertama kalinya sejak 28 Maret. Mata uang ini telah mencapai tertinggi satu bulan di 1,1185 dolar hanya beberapa hari sebelumnya di tengah meningkatnya optimisme untuk mengakhiri konflik Ukraina.

Kesengsaraan euro mendorong indeks dolar, yang bertahan di dekat level tertinggi satu minggu di 99,083 yang dicapai semalam. Terakhir berdiri di 98.949.

Dolar melemah 0,20 persen menjadi 122,515 yen, secara luas mengikuti pergerakan dalam imbal hasil obligasi pemerintah AS jangka panjang, karena terus berkonsolidasi di sekitar 122,5 setelah mundur dari tertinggi multi-tahun 125,105 pada 28 Maret.

Baca juga: Dolar menguat ketika minyak jatuh, mengambil momentum dari euro

Gubernur bank sentral Jepang (BOJ) Haruhiko Kuroda memberikan beberapa tekanan tambahan pada pasangan mata uang, mengatakan laju apresiasi baru-baru ini "agak cepat", dan pembuat kebijakan mengamati pergerakan "dengan hati-hati".

Sementara itu, Aussie datar di 0,7541 dolar AS tetap dekat dengan tertinggi Senin (4/4/2022) di 0,75565 dolar AS, level yang tidak terlihat sejak 6 Juli.

Bank sentral Australia (RBA) secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada rekor terendah 0,1 persen pada Selasa, tetapi investor akan mengawasi apakah bank tersebut membuang frasa bahwa "dewan siap untuk bersabar" tentang pengetatan dari pernyataan pasca-pertemuannya.

"Perubahan bahasa seperti itu akan memperkuat seruan kami agar RBA mulai menaikkan suku bunga pada pertemuan Juni dan mendukung dolar Australia," tulis ahli strategi Commonwealth Bank of Australia, Carol Kong dalam catatan klien.

Kenaikan harga-harga komoditas yang "sangat kuat" selama sebulan terakhir telah mendorong estimasi bank tentang nilai wajar Aussie ke kisaran 0,82 hingga 0,95 dolar AS, berpusat pada 0,89 dolar AS, tulisnya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022