Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Dinas Telekomunikasi dan Informasi Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat sedang mempersiapkan aplikasi untuk pengelolaan Alokasi Dana Desa bagi pemerintah desa yang ada di kabupaten tersebut.

"Tahun ini kita sudah mempersiapkan perangkat telekomunikasi dan informasi berbasis jaringan bagi pemerintah desa. Kita yang menyiapkan infrastruktur dan data induknya, sedangkan yang melaksanakannya nanti adalah Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya," kata Kepala Dinas Telekomunikasi dan Informasi Kubu Raya, Yusran Anizam di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, meski tahun ini persiapan infrastruktur telekomunikasi dan informasi tersebut belum bisa dilakukan maksimal dikarenakan keterbatasan anggaran yang ada di Dinas Kominfo, namun dia optimistis bisa merampungkan sistem informasi dan komunikasi di seluruh desa pada tahun 2014 mendatang.

"Kita lakukan secara perlahan, tapi pasti. Insya Allah tahun 2014 semuanya rampung, karena ini juga masuk dalam program kerja jangka panjang kita," katanya.

Tidak hanya itu, dia juga menawarkan sistem aplikasi untuk pendataan dan pembagian Alokasi Dana Desa ke desa-desa tersebar di setiap kecamatan.

"Kita tawarkan solusi ini untuk memperbagus sistem pemerintahan desa. Sehingga dalam pengambilan ADD, mereka tidak perlu terlalu repot," katanya.

Ia mengatakan Kominfo Kubu Raya siap menggandeng dan membuat aplikasi yang tentunya akan sangat berguna bagi pemerintah desa. "Aplikasi ini kepentingannya untuk menghindari terjadinya kebocoran pemerintahan desa dalam mengelola ADD ke depannya," ujar dia.

Meski demikian, ia masih bingung dengan pihak yang memimpin sektor dalam mengelola aplikasi untuk ADD.

"Kita juga tidak mau nantinya tumpang tindih," kata Yusran.
(ANT-171/N005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011