Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (12/4), mulai dari ucapan terima kasih menggema saat pengesahan RUU TPKS di DPR RI, hingga Presiden Jokowi lantik Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Ucapan terima kasih menggema saat pengesahan RUU TPKS di DPR RI

Ucapan terima kasih kepada Ketua DPR RI Puan Maharani menggema saat DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang (UU).

"Terima kasih Bu Puan, terima kasih Pak Wamen. Terima kasih Bu Puan, setop kekerasan seksual," kata masyarakat sipil yang hadir menggemakan ucapan syukur dan terima kasih kepada DPR dan pemerintah dalam Rapat Paripurna Ke-19 DPR RI Masa Persidangan IV Tahun 2021-2022, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4).

Selengkapnya baca di sini.


Presiden Jokowi lantik Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota KPU dan Keputusan Presiden Nomor 34P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Bawaslu.

Selengkapnya baca di sini.


Hasyim Asy'ari resmi jadi Ketua KPU periode 2022-2027

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari resmi menjadi Ketua KPU periode 2022-2027, yang diresmikan dalam acara Serah Terima Jabatan Anggota KPU Periode 2022-2027.

"Komitmen kami, apa yang sudah dibangun, disiapkan oleh generasi kerja dulu, yang baik-baik kami pelihara, kami warisi, dan tentu saja akan kami lakukan pembaharuan-pembaharuan sesuai dengan keadaan zaman," ucap Hasyim ketika menyampaikan sambutan usai serah terima jabatan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/4).

Selengkapnya baca di sini.


Paripurna DPR setujui tujuh calon anggota KIP terpilih

Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa pagi menyetujui tujuh calon anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2021-2025 terpilih, setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

"Apakah laporan Komisi I DPR terkait hasil uji kelayakan calon anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2021-2025 dapat disetujui," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/4).

Selengkapnya baca di sini.


TNI AD jelaskan kronologi kecelakaan di Merauke yang sebabkan 2 tewas

TNI AD menjelaskan kecelakaan lalu-lintas di Merauke, Papua, yang menewaskan seorang perwira pertama CPM TNI AD dan satu jurnalis terjadi ketika pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraannya saat melintas di km 62 ke arah Sota, Selasa (12/4).

"Kecepatan kendaraan saat itu diyakini mencapai 60 kilometer/jam sehingga mobil sempat keluar dari badan jalan sebelum akhirnya oleng dan terbalik," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Tatang Subarna, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (12/4).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022