akan kita tingkatkan hingga 25 April, saat musim mudik nanti
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres akan meningkatkan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap setiap bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) jelang Angkutan Lebaran tahun ini untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pemudik. 

"Kita lakukan 'ramp check' sejak 4 April dan akan kita tingkatkan hingga 25 April, saat musim mudik nanti," Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Revi mengatakan dalam satu hari, pihaknya melakukan inspeksi keselamatan terhadap 50 bus AKAP di terminal itu.

Pemeriksaan itu dilakukan selama 15 menit dan meliputi beberapa bagian seperti kesiapan mesin, rem, lampu hingga bagian teknis lainnya.

Baca juga: Terminal Kalideres terapkan aturan penumpang wajib vaksin "booster"

Tidak hanya itu, pihaknya juga memeriksa kesiapan bus dari segi fasilitas keselamatan seperti alat pemadam api ringan, alat pemecah kaca jendela bus hingga kotak pertolongan pertama pada kecelakaan.

Sejauh ini, Revi mengaku bus yang beroperasi di tempatnya memenuhi standar layak jalan. Jika ada temuan bus yang tidak layak jalan, Revi akan menegur pihak perusahaan otobus (PO) yang bersangkutan.

Revi berharap dengan upaya ini, warga yang akan melakukan mudik bisa sampai di tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

Sebelumnya, Revi memperkirakan, jumlah penumpang akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Baca juga: Ratusan sopir bus di Kalideres jalani tes urine jelang arus mudik

Menurut dia, jumlah penumpang bisa mencapai 3.500 orang per hari pada H-2 Lebaran.

"Saya perkirakan pada H-7 Lebaran mungkin trafiknya 1.000 sampai 2.000 penumpang, sedangkan H-2 lebaran bisa mencapai 3.500 per hari," kata Revi.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022