Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ajak masyarakat segera bayar zakat fitrah hingga pelayanan vaksinasi penguat di posko mudik.

Berikut berita humaniora pada Kamis:

1. Baznas Belitung ajak masyarakat segera bayar zakat fitrah

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di daerah itu untuk segera melakukan pembayaran zakat fitrah.

"Kami mengajak masyarakat atau umat Muslim untuk menyegerakan pembayaran zakat fitrah, tidak perlu menunggu akhir Ramadhan supaya segera disalurkan kembali kepada warga yang berhak menerimanya," kata Ketua Baznas Belitung Suhardi Ishak di Tanjung Pandan, Kamis.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Belitung telah menetapkan besaran zakat fitrah 1443 Hijriah beras sebanyak 2,5 kilogram atau uang tunai senilai Rp32.500.

2. F-PKB: Ramadhan momentum lebih peduli terhadap sesama

Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menilai Bulan Suci Ramadhan merupakan momentum tepat bagi umat Muslim untuk lebih peduli kepada sesama sehingga fraksinya menggelar kegiatan berbagi dengan anak-anak yatim.

Menurut dia, rasa lapar dan haus yang dirasakan umat Islam di siang hari menjadi penanda bahwa tidak boleh seorang Muslim membiarkan saudaranya sendirian dalam menghadapi kesulitan hidup.

"Kedatangan ratusan anak yatim yang kita undang hadir dalam kegiatan ini merupakan berkah sekaligus pengingat agar kita mawas diri jika di sekitar kita masih ada saudara-saudara yang perlu kita sapa dan temani sehingga mereka tidak merasa sendirian menjalani apapun masalah hidup mereka,” kata Cucun dalam keterangannya di Jakarta.

3. Baznas Belitung salurkan bantuan uang tunai

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan uang tunai kepada 660 fakir miskin di daerah itu guna membantu pemenuhan kebutuhan hidup di Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Tercatat ada 660 fakir miskin menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp600 ribu per orang," kata Ketua Baznas Belitung Suhardi Ishak di Tanjung Pandan, Kamis.

4. Undiksha Singaraja dan 9 perguruan tinggi gelar Bursa Kerja 2022

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Kota Singaraja Kabupaten Buleleng, Bali bersama sembilan perguruan tinggi di Pulau Dewata menggelar "job fair '22" (Bursa Kerja Tahun 2022).

"Sembilan perguruan tinggi adalah Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), STIMIK Primakara, Denpasar, ITB Stikom, Politeknik Negeri Bali, Stikes Wira Medika, Universitas Warmadewa, Alfa Prima dan IPB Internasional Bali," kata Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja sama Undiksha, Drs. I Made Yasa, M.Pd, dalam Focus Group Discussion (FGD) di kampus setempat, Kamis.

5. Bekasi Sediakan layanan vaksinasi penguat di posko pelayanan mudik

Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 penguat di posko pelayanan mudik Lebaran tahun ini.

"Di posko pelayanan mudik nanti kami akan mencari masyarakat yang belum menerima vaksin dengan metode random sampling (pengambilan sampel acak)," kata Wakil Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh di Bekasi, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022