Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto memastikan adanya fasilitas di Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 pada 23-28 Mei 2022 di Indonesia untuk akses penyandang disabilitas.

“Kami juga memastikan fasilitas untuk penyandang disabilitas akan dipermudah aksesnya, seperti taksi, informasi dengan huruf braile, akomodasi dan lainnya,“ ujar Suharyanto yang juga ditunjuk sebagai Wakil Ketua 1 Panitia Nasional GPDRR 2022 dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Panitia Nasional GPDRR 2022 memastikan penyelenggaraan pertemuan internasional ini memfasilitasi para penyandang disabilitas, seperti di Bali Nusa Dua Convention Centre dan tempat penginapan yang telah direkomendasikan.

Suharyanto juga mengatakan pihaknya bersama United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) memvalidasi kebutuhan transportasi khusus untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Guna mendukung kelancaran pelayanan para peserta disabilitas, Panitia Nasional dan UNDRR akan memberikan kursus kepada semua relawan dan staf lokal selama penyelenggaraan acara di kawasan Nusa Dua, Provinsi Bali.

Perkembangan hingga Selasa (5/4), Suharyanto mengatakan peserta dengan disabilitas yang telah terdaftar 200 orang.

Baca juga: Delegasi GPDRR 2022 gunakan skema gelembung perjalanan

Di sisi lain, data UNDRR per tanggal tersebut mencatat 2.631 peserta telah mendaftar dengan 73 persen diindikasikan kehadirannya secara tatap muka. Mereka berasal dari latar belakang di sektor pemerintah, non-pemerintah, bisnis, dan akademisi.

Ia menambahkan ada 17 jurnalis asing yang telah mendaftar dan saat ini sedang menunggu validasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Luar Negeri. Pihak BNPB juga akan menyiapkan surat undangan terhadap para jurnalis asing tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB berpesan kepada para pemimpin redaksi media massa serta peserta jurnalis untuk melakukan registrasi untuk mengakses penyelenggaraan GPDRR nanti. Pendaftaran kepada awak jurnalis paling lambat pada 15 April 2022. Peserta atau media dapat mendaftar melalui tautan https://globalplatform.undrr.org/

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa nilai penting GPDRR bagi Indonesia adalah terwadahi kepentingan Indonesia dalam kesepakatan GPDRR serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Ia mengharapkan penyelenggaraan Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) secara langsung mendukung pertumbuhan sektor ekonomi dan pariwisata nasional yang terdampak pandemi.

Baca juga: BNPB persiapkan sejumlah agenda kesiapsiagaan jelang GPDRR 2022
Baca juga: Indonesia tunjukkan kearifan lokal upaya pengurangan risiko bencana
Baca juga: BNPB-Pemda Bali mutakhirkan rencana kontinjensi jelang GPDRR 2022


Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022