Jakarta (ANTARA) - Joel Embiid melesakkan lemparan tiga poin saat perpanjangan waktu tersisa 0,8 detik untuk membawa tim tamu Philadelphia 76ers mengalahkan Toronto Raptors 104-101 pada Gim 3 dari seri playoff putaran pertama Wilayah Timur mereka, Rabu (Kamis WIB)

Atas kemenangan tersebut, Philadelphia memimpin 3-0 seri best-of-seven dan akan berusaha untuk menyelesaikan laga di Toronto, Sabtu.

Embiid mencetak 18 dari 33 poinnya pada kuarter ketiga dan menyelesaikan 13 rebound. Gebrakan Embiid setelah mendapatkan umpan mantan pemain Raptors Danny Green di pengujung laga menjadi kejutan bagi tim lawan yang berusaha mencuri kemenangan.

Tyrese Maxey dan James Harden masing-masing menambah 19 poin bagi 76ers. Harden menambahkan 10 assist sebelum dilanggar pada menit akhir kuarter keempat. Tobias Harris mencetak 11 poin dan 12 rebound untuk Philadelphia.

OG Anunoby mencetak 26 poin untuk Toronto, Gary Trent Jr. menambahkan 24 poin, Precious Achiuwa mengumpulkan 20 poin dan Fred VanVleet dan Pascal Siakam masing-masing mencetak 12 poin. VanVleet juga memberikan sembilan assist.

Raptors yang sempat memimpin sebanyak 17 poin di kuarter kedua, tak pernah ketinggalan dan unggul sempat satu poin memasuki kuarter keempat.

Anunoby membuat lemparan tiga angka dan Achiuwa melakukan layup untuk membawa Toronto memimpin lima angka saat waktu tersisa 2:03.

Baca juga: 76ers sementara ungguli Raptors 2-0

Maxey kembali mencetak poin dan Harden menambahkan layup untuk memotong keunggulan Toronto menjadi satu poin saat waktu tersisa 1:14. Harden membuat satu dari dua lemparan bebas untuk menyamakan kedudukan menjadi 95 saat waktu tersisa 49,7 detik.

Achiuwa melewatkan dua lemparan bebas setelah pelanggaran keenam Harden, dan pertandingan menuju perpanjangan waktu setelah Embiid dan Harris dari Sixers gagal melepaskan tembakan di detik-detik terakhir.

Tembakan Maxey membuat Philadelphia unggul 99-97, tetapi Anunoby membalas dengan lemparan tiga angka saat waktu perpanjangan tersisa 2:58. Embiid melakukan jumper saat waktu tersisa 2:36 sebelum Anunoby melakukan satu dari dua lemparan bebas untuk mengikatnya saat waktu tersisa 26,2 detik.

Toronto menyelesaikan kuarter pertama dengan 14-4 untuk memimpin 29-19, mengambil keuntungan dari sembilan turnover 76ers.

Layup Harden saat waktu kurter dua tersisa 2:14 memangkas keunggulan menjadi enam. Siakam memberi Toronto keunggulan 56-46 di babak pertama.

Lemparan tiga angka Embiid memangkas defisit menjadi satu dengan sisa waktu 5:03 di kuarter ketiga. Keunggulan Toronto mencapai tujuh saat VanVleet membuat tiga lemparan bebas saat waktu tersisa 2:57. Embiid melakukan tiga dari empat tembakan di menit terakhir untuk memotong keunggulan Toronto menjadi 75-74 setelah tiga kuarter.

Scottie Barnes (pergelangan kaki terkilir) melewatkan dua gim berturut-turut untuk Toronto. Matisse Thybulle tidak bermain untuk Philadelphia, karena ia tidak dapat memasuki Kanada karena status vaksinnya, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Pelicans jungkalkan Suns demi imbangi seri playoff 1-1
Baca juga: Ja Morant bantu Grizzlies samakan kedudukan 1-1 dengan Timberwolves
Baca juga: Jimmy Butler pimpin Heat gandakan keunggulan atas Hawks

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022