Jakarta (ANTARA) - Gabungan mahasiswa mulai membubarkan diri dengan tertib setelah berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) itu berangsur-angsur meninggalkan kawasan Monas mulai pukul 16.45 WIB, Kamis.

Mereka menyampaikan orasi di depan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat atau di depan Gedung Sapta Pesona sejak pukul 14.30 WIB.

Secara bergiliran perwakilan dari masing-masing kampung menyampaikan orasi atau tuntutan menggunakan pengeras suara dari atas mobil bak terbuka.

Sejumlah tuntutan disampaikan di antaranya dari Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Universitas Indonesia (BEM UI) yang mengajukan tujuh tuntutan di antaranya menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Baca juga: 15 perwakilan demo mahasiswa masuk ke gedung DPR RI

Selain itu, soal kenaikan harga bahan pokok dan ketimpangan ekonomi menjadi isu yang akan disampaikan dalam unjuk rasa tersebut.

Selama hampir 2,5 jam mereka menyampaikan aspirasi dengan tertib.

Para mahasiswa itu kemudian berangsur-angsur meninggalkan Patung Kuda melalui Jalan Medan Merdeka Selatan sembari bernyanyi lagu-lagu kebangsaan.

Aksi mahasiswa membubarkan diri juga dikawal sejumlah petugas kepolisian agar berlangsung lebih tertib.

Sementara itu, arus lalu lintas dari arah Jalan Thamrin menuju Jalan Budi Kemuliaan berlangsung lancar namun padat.

Baca juga: Polisi tutup Jalan Merdeka Barat saat berlangsung demo mahasiswa

Begitu juga lalu lintas kendaraan dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin mulai lancar.

Sedangkan sebagian jalur di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan untuk sementara dialihkan melalui Jalan Agus Salim.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 9.915 personel gabungan untuk mengawal unjuk rasa mahasiswa di sekitar kawasan DPR RI, Patung Kuda-Monas, Jakarta Pusat.

"Terdiri dari kekuatan Polri dan dibantu unsur TNI yakni Kodam Jaya dan Satpol PP juga membantu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan.

Dari total personel tersebut, lanjut dia, sebanyak 1.440 personel dari Kodam Jaya.

Baca juga: Jalan Gatot Subroto di depan Gedung Parlemen ditutup

Menurut dia, ada pun massa yang akan berunjuk rasa salah satunya dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia dan sejumlah kampus di Jabodetabek.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022