Batam (ANTARA) - Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengerahkan 1.497 personel pada Operasi Ketupat Seligi 2022, dalam rangka menjamin masyarakat aman dan sehat saat merayakan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Polisi Harry Goldenhardt merinci 1.497 personel itu terdiri dari 490 personel Polda Kepri, 280 personel Polres/Polresta Jajaran, dan sisanya dari TNI serta pemangku kepentingan terkait.

Baca juga: Polda DIY pastikan tidak akan ada penyekatan arus mudik di perbatasan

"Dalam operasi kali ini disiapkan 48 pos, meliputi pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu," kata Kabid Humas Polda Kepri di Batam, Jumat.

Sebagaimana arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, kata dia, Polda Kepri dan jajaran juga telah menyiapkan tempat vaksinasi COVID-19 di setiap pos, dengan harapan masyarakat yang melaksanakan mudik sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau penguat.

"Mudik tahun ini ialah mudik yang sehat dan tetap menjaga serta mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Polda Kepri fokus mengawal keamanan transportasi laut antarpulau di Kepri, dengan menggandeng BMKG untuk mendapatkan informasi cuaca terkini dan gelombang di laut yang berguna bagi kapal-kapal penumpang angkutan mudik.

Pihaknya juga fokus mengamankan tempat-tempat ibadah, tempat keramaian, dan wisata.

"Termasuk rumah-rumah yang ditinggalkan mudik oleh masyarakat," ujarnya.

Lanjutnya menyampaikan secara nasional, Operasi Ketupat Seligi 2022 digelar selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022, dengan fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia, baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

Baca juga: Kakorlantas minta Tim Pamatwil Operasi Ketupat 2022 humanis ke pemudik
Baca juga: Sumsel petakan jalan yang diperkirakan macet untuk pemudik
Baca juga: Bupati Tangerang ingatkan warga patuhi prokes saat mudik Lebaran

Pewarta: Ogen
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022