Palembang (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara SEA Games Indonesia (InaSOC) Sumatera Selatan menyediakan tiga jenis transportasi bagi masyarakat umum yang mengunjungi Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, selama pelaksanaan pesta olahraga akbar tersebut berlangsung, 11-22 November 2011.

Ketua InaSOC Sumsel, H Muddai Madang, di Palembang, Kamis, menyebutkan ketiga alternatif angkutan itu, becak, shuttlebus berbahan bakar gas, dan angkutan kota berbahan gas.

"Untuk menjamin kelacaran transportasi di Komplek Olahraga Jakabaring disediakan tiga model angkutan yang dapat digunakan secara gratis. Semuanya telah dioperasikan sejak Rabu (9/11)," ujar dia.

Dia menerangkan, penambahan 30 unit mobil angkutan kota itu terpaksa dilakukan, karena sepeda dan mobil golf jumlahnya terbatas.

Sebanyak 300 sepeda yang terparkir di Wisma Atlet Jakabaring sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan para atlet dan ofisial.Mobil golf yang berjumlah 26 unit diperuntukkan bagi tamu-tamu VVIP.

"Semula untuk masyarakat umum hanya memanfaatkan becak dan shuttlebus, tapi karena dinilai masih kurang maka disewa mobil angkutan umum yang biasa beroperasi di Palembang," ujar dia.

Wijaya, salah seorang sopir angkutan umum mengaku senang turut berpartisipasi dalam kegiatan SEA Games itu, karena dapat menambah penghasilan hariannya.

"Setiap hari dibayar Rp500 ribu dan bekerja dari pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB. Padahal, jika beroperasi di dalam kota tidak akan sampai sebanyak itu. Jadi, kemana pun tujuan dari penumpang akan diantarkan asal masih di dalam komplek," ujar dia.

Dia mengungkapkan, ditugaskan mengantarkan siapa saja yang berada di Komplek Olahraga Jakabaring, harus dilayani.

"Tidak bisa pilih-pilih, siapa saja diantarkan, terkadang atlet juga naik mobil saya. Yang paling sering panitia dan petugas lapangan, sementara masyarakat umum belum banyak," kata dia lagi.

Ratusan sepeda terparkir di halaman samping ruang makan Wisma Atlet Jakabaring dan siap digunakan.

Di area olahraga itu, juga terlihat atlet mengendarai sepeda untuk sekadar berjalan-jalan atau menjangkau arena berlatih.

Ratusan becak berterpalkan SEA Games telah bersiaga di dalam komplek untuk mengangkut penumpang.

Sedangkan mobil golf terlihat tersebar di beberapa tempat, seperti di Wisma Atlet Jakabaring, Stadion Menembak dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Komplek Olahraga Jakabaring ditetapkan sebagai kawasan bebas polusi kendaraan berbahan bakar bensin selama perhelatan SEA Games XXVI Indonesia yang digelar bersama di Jakarta dan Palembang.

Khusus Kota Palembang, selain tuan rumah pertandingan 21 cabang olahraga, juga mendapat kehormatan dari pemerintah pusat sebagai penyelenggara upacara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI.
(ANT-037)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011