Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, bersama berbagai unsur terkait siap memberikan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut saat pelaksanaan arus mudik Lebaran 2022.

"Kami berupaya di Badung dapat terjalin sinergitas dari semua elemen baik dari pemerintah, masyarakat, TNI, Polri, lembaga-lembaga dan organisasi masyarakat sehingga Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah bisa berjalan aman dan nyaman," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Arus Mudik di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyusun perkiraan waktu dan jalur arus mudik sebagai bahan kesiapan di berbagai sektor dalam menciptakan kelancaran saat mudik dan arus balik guna kenyamanan masyarakat.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Koordinasi dan komunikasi tentukan kelancaran mudik

Menurut Wabup Suiasa, terdapat empat hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus selama pelaksanaan arus mudik yaitu pertama mengenai kelancaran dan keamanan lalu lintas, kedua tentang keamanan dan ketertiban umum, ketiga berkaitan dengan mobilitas penduduk dan pengendalian penduduk tetap dan pendatang

"Kemudian hal terakhir yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang merupakan syarat penting selama mudik Lebaran," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah memerintahkan jajaran Dinas Perhubungan Badung untuk membuat pemetaan kendaraan yaitu bus, kendaraan roda 4 dan roda 2 untuk arus mudik dan arus balik.

Baca juga: Satgas ingatkan terus terapkan protokol kesehatan ketat saat mudik

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, Dishub Badung juga diminta untuk melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan umum dan sopir serta memeriksa kondisi dan memperbaiki rambu lalu lintas, marka jalan serta infrastruktur lain yang rusak.

Ia menambahkan, Pemkab Badung juga bersinergi dengan jajaran kepolisian tentang pengaturan kelancaran lalu lintas dan melaksanakan posko terpadu pemantauan dan pengendalian di Terminal Mengwi.

Baca juga: Kemenhub: mudik dengan kendaraan pribadi harus pakai masker

"Kami juga memerintahkan Kepala Satpol PP untuk melakukan pengawasan pada sentra-sentra keramaian masyarakat dan titik rawan lainnya," kata Ketut Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022