Palembang (ANTARA News) - Indonesia membuka peluang terjadinya All-Indonesian final ketika dua pebiliar Ricky Yang dan muhammad Zulfikri masuk semifinal setelah keduanya mengalahkan para lawannya pada babak perempatfinal nomor pool bola-8 perorangan putra pada SEA Games 2011 di OPI Jakabaring, Pelembang, Sumatera Selatan.

Pada babak semifinal bola-8 perorangan putra, Minggu malam, Ricky Yang akan ditantang pebiliar Vietnam Nguyen Phuong Than, sedangkan Zulfikri akan menghadapi Dennis Orcollo dari Filipina.

"Ricky dan Zulfikri kemungkinan besar akan saling berhadapan di final, karena saya yakin keduanya akan mampu mengatasi lawan-lawannya di semifinal nanti,` kata pelatih pool cabang biliar Indonesia Oscar Camoro yang berasal dari Filipina, Minggu.

Menurutnya, kemampuan atletnya saat ini sudah semakin meningkat dan ada dorongan tersendiri buat atlet Indonesia untuk memenangi SEA Games kali ini karena para atlet sempat gagal meraup medali emas pada SEA Games lalu 2009 di Laos.

"mereka pasti ada dorongan untuk menang, paling tidak mereka ingin balas dendam atas kegagalan SEA Games lalu," tambah oscar Camoro.

Pada pertandingan perempatfinal pool bola-8 perorangan putra, zulfikri mampu menghentikan perlawanan pebiliar Thailand Nitiwat Kanjanasri dengan skor 7-4, dimana sebelumnya pada babak penyisihan dia mengalahkan pebiliar Singapura ooi fook Yuen juga dengan skor sama 7-4.

Sedangkan Ricky masuk semifinal setelah pada perempatfinal menang tipis 7-6 atas pebiliar Singapura Tah Lian Hang, dimana pada babak penyisihan mengalahkan pebiliar Thailand Kobkit Palajian juga dengan skor sama 7-6.

sementara itu, calon lawan Ricky di semifinal, Nguyen, melangkah ke semifinal setelah pada perempatfinal mengalahkan pebiliar Filipina Warren Kiamco 7-4, sedangkan Dennis mengalahkan pebiliar Singapura Chan Keng kwan dengan 7-5.

Pelatih pool cabang biliar Ricardo mengatakan, untuk saat ini, Indonesia masih merajai bola-8 baik putra maupun putri, dan filipina hanya akan menjadi ancaman di pool bola-9.

"Filipina kuat di bola-9 putra, mereka masih menurunkan "jango" Bustamante, tapi kami juga akan berusaha untuk menghadangnya di nomor itu," katanya menambahkan.

Prestasi terakhir indonesia merebut medali emas di SEA Games, terjadi empat tahun lalu di Thailand ketika tim merah-putih membawa pulang dua medali emas, satu perak dan satu perunggu.

Pada SEA Games 2011 ini, cabang biliar berkekuatan 16 atlet masing-masing, Ricky Yang, Muhammad Zulfikri, Isra Nasution, Angelina Magdalena Ticoalu, Amanda Rahayu, fatrah Ma`sum untuk pool, Rudy sulaiman, william Ipaenan, Candra Gondo Setiawan untuk snooker, Hekta Ahmad, Johanes Jahya, Adhi Braja Falachi untuk english billiard, James Lengkang, Tan Kiong An, Herowanto, Tony Ho untuk carom.
(T.A020)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011