Pemeriksaan sudah kita lakukan dari lima April
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan kelayakan sarana angkutan Lebaran tahun ini, khususnya untuk moda transportasi darat seperti bus melalui sejumlah inspeksi keselamatan (ramp check) agar dapat menjamin kenyamanan dan keselamatan pemudik, baik untuk arus mudik maupun balik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap bus di sejumlah terminal, sebelum digunakan pada arus mudik.

"Pemeriksaan sudah kita lakukan dari lima April sehingga para operator memiliki waktu untuk melakukan perbaikan atau kesempurnaan kondisi bus, termasuk pramudi," kata Syafrin.

Syafrin menambahkan bus yang lolos pemeriksaan tersebut nantinya akan mendapatkan stiker yang menunjukkan layak digunakan sebagai angkutan Lebaran.

Baca juga: Mudik gratis, Pemprov DKI berangkatkan 630 sepeda motor

"Seluruh bus yang diberangkatkan dari terminal harus memenuhi persyaratan teknis layak jalan yang dibuktikan stiker 'ramp check'," ujar Syafrin.

Meski demikian, Syafrin tak menampik ada bus yang dinyatakan tak layak jalan.

Dia belum merinci perihal jumlah armada bus tak laik jalan itu.

"Jika bus tersebut belum ditempelkan stiker 'ramp check' maka otomatis bus itu kami lakukan pemeriksaan ulang. Jika tidak memenuhi persyaratan layak jalan maka dikembalikan ke pul," kata Syafrin.

Baca juga: Wagub DKI harapkan swasta adakan mudik gratis

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022