Nusa Dua (ANTARA News) - Panitia pelaksana pameran "ASEAN Fair" di Pulau Peninsula, Nusa Dua, menargetkan jumlah pengunjung yang datang ke pameran tersebut hingga berakhirnya acara pada Rabu (23/11) sebanyak 70 ribuan orang.

"Kami yakin target itu dapat tercapai, mengingat selama 13 hari penyelenggaraan setidaknya sudah 40 ribu wisatawan yang datang ke arena pameran ASEAN ini," kata Project Director Pameran Aryo Wibisono, di Nusa Dua, Bali, Senin.

Ia menyampaikan, rata-rata kunjungan setiap harinya ke tempat pameran mencapai 2.000-4.000 wisatawan.

"Tetapi jika akhir pekan, pengunjung yang datang lebih banyak lagi. Bisa mencapai angka 6 ribuan wisatawan. Sebagian besar mereka yang datang ke sini berusia dewasa," ucapnya.

Wisatawan asing, lanjut dia, yang lebih dominan mengunjungi stan pameran daripada wisatawan lokal.

"Perbandingan yang mancanegara dan nusantara, kira-kira 70 berbanding 30. Sebagian besar pengunjung lokal merupakan penduduk sekitar kawasan Nusa Dua," ujar Aryo.

Ia tidak memungkiri pada hari-hari kerja dan siang hari, pengunjung pameran relatif lebih sedikit. Biasanya baru terlihat menggeliat di atas jam 14.00 Wita.

"Puncak kunjungan terjadi pada malam hari. Mungkin karena masyarakat ingin mencari suasana yang lebih sejuk mengingat lokasi pameran yang berada di sisi pantai," katanya.

Adanya pertambahan pengunjung pun, lanjut dia, tidak akan terlalu terlihat kentara karena areal lokasi pameran di luar ruangan (outdoor) dan berdiri pada lahan yang cukup luas.

"Di sini berdiri 134 stan kerajinan yang berasal dari pengrajin Bali dan luar Bali hingga luar negeri, di samping ada pameran yang dipersembahkan dari beberapa kementerian," ucapnya.
(KR-LHS/S006)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011