Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Dave Laksono menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Pasar Gembrong, DKI Jakarta.

“Semoga bantuan sembako dan beras satu ton dari PPK Kosgoro 1957 bisa meringankan para korban kebakaran," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Anggota Komisi I DPR RI itu berharap pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa segera menyiapkan lokasi sementara untuk para pedagang.

“Sebentar lagi Lebaran Idul Fitri, Pasar Germbrong adalah legenda, dimana banyak mainan yang dijual dan membawa kebahagiaan bagi anak-anak saat lebaran tiba," ujarnya.

Dave berharap para korban dapat tabah dalam menghadapi musibah yang dialami. Dia juga meminta seluruh korban kebakaran Pasar Gembrong yang kini berada di tenda-tenda pengungsian bisa menjaga kesehatan dan tetap bersabar.

"Hujan sering datang tak menentu, saya minta agar seluruh keluarga korban kebakaran Pasar Gembrong menjaga kesehatan. Terutama anak-anak dan lansia yang rentan kerkena penyakit," harap Dave.

Sementara itu staf khusus Kemenpora RI Alia Laksono berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan kondisi para korban kebakaran Pasar Gembrong.

Baca juga: Warga korban kebakaran Pasar Gembrong butuh perlengkapan shalat

Baca juga: Posko pengungsian korban kebakaran Pasar Gembrong disiagakan sepekan


Alia juga mengajak seluruh pihak untuk bisa bersama-sama membantu kesulitan yang dialami para korban saat ini.

"Saya berharap di Bulan yang suci ini kita semua bisa berbagi berkah dan menebar rasa kasih sayang dan keperdulian kepada sesama," katanya.

Sebelumnya Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman menceritakan, kebakaran Pasar Gembrong itu menyebabkan 400 unit bangunan di lima Rukun Tetangga (RT) kawasan tersebut ludes dilalap api.

Baca juga: 400 bangunan ludes terbakar di Pasar Gembrong

Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting yang terjadi di lantai dua rumah salah seorang warga. Pihaknya mengerahkan 26 unit mobil pemadam dan 130 personel ke lokasi kebakaran.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran di Pasar Gembrong tersebut. Namun, 450 kepala keluarga (KK) atau 1.000 jiwa di 5 RT terpaksa harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022