Barranquilla, Kolumbia (ANTARA News) - Negara dua kali juara dunia Argentina membukukan angka penting kemenangan 2-1 pada babak penyisihan Piala Dunia 2014 melawan Kolumbia, Rabu.

Gol diciptakan oleh pemain yang dua kali menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik dunia Lionel Messi. Gol juga disarangkan oleh Sergio Aguero, membuat Argentina - yang belum pernah mendapat piala sejak 1986 - dan sempat kecolongan tetapi akhirnya bergabung dengan juara Copa America Uruguay di puncak klasemen dengan koleksi tujuh poin.

Uruguay -- semifinalis Piala Dunia tahun lalu -- tidak bertanding tapi mereka menang 1-0 lawan Italia dalam laga persahabatan di Roma.

Messi, yang mengalami kekecewaan dalam dua final Piala Dunia yang lalu, meminta mitranya  untuk meningkatkan permainan mereka setelah Jumat lalu hanya bermain imbang 1-1 lawan tim papan bawah Bolivia.

Pada babak pertama situasi tidak membaik bagi tim tamu, karena pemain bertahan berpengalaman mereka Nicolas Burdisso dibawa keluar lapangan menggunakan tandu menit ke-36 dan kelihatannya mengalami cedera serius.

Satu menit sebelum turun minum, permainan tim tamu semakin memprihatinkan sehingga tuan rumah memimpin melalui Dorlan Pabon, yang melancarkan tendangan bebas dan bola melenting masuk ke dalam gawang setelah mental dari badan pemain bertahan.

Messi bermain keras dan usahanya itu terbayar memasuki jam pertama permainan ketika tendangannya meluncur keras ke dalam gawang tidak terjangkau penjaganya, David Ospina, sehingga kedudukan imbang.

Messi sempat terjatuh berbenturan dengan pemain bertahan Kolumbia tapi setelah itu Argentina berpeluang mencetak angka kemenangan mereka.

Messi memberi umpan kepada Gonzalo Higuain, tetapi tembakan striker itu ditahan Ospina dan Aguero memanfaatkan bola mental itu untuk menggetarkan jala gawang Ospina.

Argentina berhasil memenangkan laga yang amat mereka butuhkan untuk maju ke babak final di daratan Brazil, saingan berat mereka.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011