Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengingatkan para pemudik yang masuk ke wilayah ini untuk melengkapi diri dengan vaksinasi COVID-19 mulai dosis pertama hingga penguat atau "booster".

"Salah satu syarat mudik adalah vaksin booster, maka kami mengingatkan pemudik yang pulang kampung ke Purbalingga untuk melengkapi vaksinasinya," kata Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat.

Bupati mengatakan, untuk memudahkan para pemudik mendapatkan vaksinasi pihaknya telah menyiapkan gerai-gerai vaksinasi yang diintegrasikan dengan posko terpadu mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Purbalingga percepat program vaksinasi bagi pelaku sektor pariwisata

"Kami mengintegrasikan posko Lebaran agar tidak hanya menjadi tempat istirahat namun juga disediakan layanan vaksinasi," katanya.

Menurut Dyah, langkah tersebut akan berjalan dengan efektif untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 pascalibur Lebaran 2022.

"Dengan demikian, diharapkan nantinya arus mudik tidak akan berdampak pada peningkatan kasus COVID-19," katanya.

Dyah menjelaskan, Pemkab Purbalingga bersama dengan TNI-Polri terus bersinergi dalam memberikan layanan vaksinasi yang diselenggarakan di enam titik posko terpadu mudik Lebaran.

Baca juga: Polres Purbalingga ingatkan pemudik hindari kelelahan saat berkendara

Bupati mengatakan pihaknya telah melakukan kunjungan dan pemantauan secara langsung ke posko-posko terpadu mudik Lebaran, di antaranya posko di Alun-alun Purbalingga, "Rest Area" Lambur, "Rest Area" Karangreja, "Rest Area" Pancasila, Koramil Mrebet, dan Pos Pengamanan di Jompo.

"Berdasarkan hasil kunjungan diketahui bahwa layanan vaksinasi dan pemantauan arus mudik berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, berdasarkan pemantauan petugas diketahui bahwa lalu lintas terpantau ramai lancar," katanya.

Selain itu, menurut laporan yang diterima, kata dia, hingga hari ini tidak ada kejadian-kejadian signifikan dan kecelakaan lalu lintas di wilayah setempat.

Bupati berharap selama periode arus mudik Lebaran dan setelah Lebaran, kondisi lalu lintas dan program percepatan vaksinasi bagi pemudik akan tetap berjalan dengan lancar, tidak ada kecelakaan.

Baca juga: Polres Purbalingga siagakan tim urai di jalur mudik

"Selain itu juga diharapkan tidak terdapat kejadian bencana alam selama periode libur Lebaran," kata Dyah.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022