Palembang (ANTARA News) - Ratusan petugas pemandu dan relawan SEA Games pada hari Sabtu berunjuk rasa karena dihentikan secara sepihak oleh panitia pelaksana SEA Games 2011 (Indonesia SEA Games Organizing Committee/InaSOC).

Yogi Fitagora, salah seorang petugas pemandu yang dihentikan secara sepihak mulai Sabtu, mengatakan dia dan rekan-rekannya mendapatkan SMS Jumat (18/11). Menurut dia mulai Sabtu ini mereka diberhentikan menjadi pemandu. Padahal, sesuai kontrak, masa kerja mereka 9-23 November 2011.

"Kami menuntut agar panitia konsisten dengan perjanjian yang telah disepakati, bukan malah menghentikan kontrak di tengah jalan," kata Yogi, di sela unjuk rasa di kantor Indonesia SEA Games Organizing Committee (InaSOC) Perwakilan Palembang, di Jakabaring.

Menurut dia, mereka bertugas tidak hanya menjadi pemandu kontingen, tetapi juga bekerja di arena pertandingan dan "media centre".

Sesuai dengan kontrak yang ditandatangani, setiap hari mereka mendapatkan honor Rp200 ribu per orang, ujar dia.

Ia mengaku, sampai saat ini belum mengetahui apa masalahnya sehingga mereka dihentikan sepihak seperti itu.

Sejumlah jurnalis asing malah menilai, demonstrasi relawan dan pemandu SEA Games itu merupakan berita yang luar biasa bagus.

"Kami langsung mengirim berita ini ke Myanmar, agar bisa digunakan untuk perbandingan kesiapan tuan rumah," kata jurnalis Myanmar.Pelaksanaan SEA Games ke-27 dua tahun mendatang akan dilaksanakan di Myanmar.
(ANT-037)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011