Jakarta (ANTARA News) - Malaysia kembali meraih medali emas dari cabang olahraga balap sepeda nomor 4.000 meter tim pursuit putra SEA Games XXVI di Velodrome Rawamangun Jakarta, Minggu.

Tim Malaysia yang menurunkan pebalap Husainie Muhammad Adiq Othman, Mustafa Amir Rusli, Mohammad Akmal Amrun, dan Harrif Mohd Salleh mencapai garis finis dengan catatan waktu 4 menit 31,592 detik.

Mereka mengungguli tuan rumah Indonesia yang menurunkan Iwan Setiawan, Arin Iswana, Rully Ibnu Faroka, dan Parno yang membukukan waktu 4 menit 36,684 detik di posisi kedua, sedangkan perunggu direbut tim Filipina.

Dengan hasil ini, tim Malaysia sudah mengantongi tiga medali emas dari cabang olahraga balap sepeda.

Pada balapan ini, pebalap Indonesia Iwan Setiawan sempat tercecer di putaran keenam sehingga tertinggal dari tiga rekannya, padahal untuk nomor ini sangat memerlukan kekompakan dan kerja sama tim.

"Saya terpengaruh dengan peristiwa kemarin, tetapi cedera yang saya alami tidak berpengaruh," kata Iwan Setiawan usai lomba.

Rully Ibnu Faroka mengatakan, posisi Iwan yang sempat tertinggal pada putaran keenam membuat pebalap yang lainnya sempat "down", tetapi tim segera bangkit untuk mengejar ketinggalan.

"Kami bersyukur karena bisa meraih medali perak setelah terakhir pada SEA Games 2007 hanya menempati peringkat keempat," katanya.

Menurut dia, ini merupakan yang pertama bagi dirinya turun di nomor pursuit dan tentunya masih perlu tambahan jam terbang lagi, mengingat perlunya perhatian khusus dibanding nomor beregu lainnya.

"Kami masuk tim untuk diterjunkan pada nomor ini dua bulan sebelum SEA Games, jadi ini formasi yang baru. Kalau masuk pelatnas sudah sembilan bulan tetapi untuk nomor ini baru dua bulan," katanya.

(H015/D010)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011