Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat untuk taat berlalu-lintas di jalan raya saat masa arus balik Lebaran.

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Tengah, Komisaris Besar Polisi Kismanto Eko Saputro, mengatakan, imbauan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu-lintas itu demi kebaikan bersama khususnya pemudik agar tetap berhati-hati selama perjalanan.

Baca juga: H+4, jalur pantura hingga jalan arteri Karawang padat

"Para pengendara baik roda dua maupun roda empat saat berkendara harus dalam kondisi fit, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan," katanya, di Palangka Raya, Jumat.

Ia bilang, selain kondisi tubuh harus bugar, kendaraan juga wajib dalam performa yang baik. Jika kondisi tidak memungkinkan jangan dipaksakan untuk berkendara, sebab dapat membahayakan, apabila kondisi tidak bugar maka pengendara dapat beristirahat sejenak.

Baca juga: Arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu ramai lancar

"Dalam hal ini kami juga sering mengingatkan para pengendara baik roda dua dan empat melalui spanduk maupun media massa, agar mereka tidak mengalami kecelakaan di jalan raya," ungkapnya.

Ia juga mengutarakan bagi para pemudik yang lelah bisa beristirahat di pos pelayanan yang telah disediakan polisi dan instansi terkait lainnya. "Jika lelah istirahat di pos pelayanan yang ada, jangan dipaksakan untuk tetap berkendara," katanya.

Baca juga: Arus balik di Bandara Pattimura capai 2.482 orang

Ia  juga memberikan petunjuk berkendara dengan baik, yakni jangan tergesa-gesa, perhatikan keselamatan di jalan dan patuhi semua peraturan lalu-lintas yang ada. "Semoga melalui imbauan ini, masyarakat bisa lebih aman dan selamat sampai tujuan," tutupnya.

Baca juga: Polisi sebut lima ribu kendaraan meninggalkan Sumbar

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022