Jika dibandingkan arus balik pada hari sebelumnya, jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta mengalami penurunan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat Gathut Hendro Wahyono mengatakan jumlah penumpang arus balik di Terminal Kalideres pada H+6 Idul Fitri 1443 H mulai mengalami penurunan.

“Jika dibandingkan arus balik pada hari sebelumnya, jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta mengalami penurunan. Hal ini terlihat dari semakin berkurangnya pemudik yang berdatangan di terminal ini,” ujar Hendro di Jakarta, Senin.

Baca juga: Terminal Kalideres sediakan "Andini" antisipasi pemudik kemalaman

Hendro menambahkan puncak arus balik di Terminal Kalideres berlangsung pada Ahad (8/5) yang mana jumlah bus yang tiba sebanyak 363 yang mengangkut sebanyak 4.197 penumpang. Sementara bus yang berangkat sebanyak 110 yang mengangkut 458 penumpang.

“Ini karena sebagian besar perusahaan mewajibkan karyawannya masuk kerja mulai hari ini,” terang dia.

Sebagian besar bus yang tiba di Terminal Kalideres, lanjut dia, berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sementara untuk rute ke Pulau Sumatera terdiri dari Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Barat.

Baca juga: Terminal Kalideres periksa urine 20-25 sopir per hari saat arus balik

Baca juga: Terminal Kalideres pasang 32 CCTV pantau keamanan


“Bus-bus yang mengangkut penumpang dari daerah asal ini sudah mulai bertambah sejak H+4 Lebaran yang mana jumlah bus yang tiba sebanyak 332 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 2.514 penumpang,” jelas dia.

Bus-bus tersebut paling banyak datang pada dini hari sekitar pukul 12 malam hingga pukul lima pagi. Oleh karenanya pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang yang turun melalui terminal tersebut.

“Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar tanpa adanya gangguan ketertiban. Ini tak lain merupakan kerja sama antara tiga pilar yakni kepolisian, TNI dan juga pemerintah daerah,” kata dia lagi.

Pihaknya memperkirakan dalam beberapa hari terakhir, jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kalideres semakin menurun dan kembali ke kondisi normal.

Baca juga: Kepala Terminal Kalideres: Hari ini puncak arus balik

Baca juga: Terminal Kalideres siapkan layanan angkutan umum bagi pemudik


Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022