Setelah mendapat laporan, kami bertindak langsung untuk melakukan kegiatan pantauan dan penanganan masalah ini
Denpasar (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali melakukan pemantauan dan penanganan pembuangan sampah liar  menindaklanjuti laporan dan keluhan warga yang terganggu dengan adanya timbunan sampah di lahan kosong. 

Kepala DLHK Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Senin, mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan aksi siaga DLHK menanggapi laporan masyarakat terkait pembuangan dan pembakaran sampah secara liar.

"Kami selalu menindaklanjuti laporan warga terkait adanya pembuangan sampah liar di lahan kosong dekat permukiman, yakni di sekitar Jalan Gunung Catur, Padasangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat," ujarnya.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud bersihkan sampah area Danau Batur jelang G20

Putra Wirabawa didampingi Camat Denpasar Barat Ida Bagus Made Purwanasara dan Kepala (Perbekel) Desa Padangsambian Kaja, Made Gde Wijaya untuk melakukan pemantauan terkait laporan masyarakat tersebut.

Ia mengatakan sebelumnya pihak DLHK mendapatkan laporan dari warga terkait pembuangan dan pembakaran sampah secara liar ini.

"Setelah mendapat laporan, kami bertindak langsung untuk melakukan kegiatan pantauan dan penanganan masalah ini," ucapnya.

Baca juga: Yayasan Puri Kauhan Ubud gelar Workshop Pengelolaan Sampah Pura

Putra Wirabawa lebih lanjut mengatakan pihaknya berharap masyarakat agar berperan aktif dalam pengelolaan sampah ini.

"Peran aktif masyarakat ini dibutuhkan, terutama bijak mengelola sampah. Agar tidak lagi melakukan pembuangan dan pembakaran sampah secara liar," katanya.

Seorang warga, Putu Merta mengatakan langkah untuk melakukan penindakan terhadap pembuang sampah sembarangan tersebut agar segera dilakukan, sehingga lingkungan kota tetap bersih.

"Memang tanggung jawab kebersihan tak semata-mata pemerintah, namun warga juga harus berperan aktif," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Badung dukung Presidensi G20 lewat pengelolaan sampah mandiri

Baca juga: Kemendagri dukung daur ulang untuk atasi masalah sampah di Bali

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022