Tenggarong (ANTARA News) - Menko Kesra Agung Laksono meminta semua langkah evakuasi korban dipercepat, termasuk pengangkatan kendaraan dan rangka Jembatan Kutai Kartanegara dari dasar Sungai Mahakam.

Dalam jumpa pers saat meninjau meninjau lokasi Jembatan Kartanegara yang runtuh, Minggu siang, Agung Laksono mengatakan, pihaknya telah meminta tim untuk mempercepat langkah evakuasi terhadap sekitar 16 orang yang masih dilaporkan hilang.

"Proses evakuasi, pencarian korban berlangsung terus dan sedang dilakukan upaya-upaya percepatan, kami minta keluarga korban bersabar," ujarnya.

Menko Kesra Agung Laksono untuk kedua kalinya meninjau lokasi Jembatan Kartanegara yang runtuh, setelah melakukan rapat koordinasi dengan jajaran pejabat pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara dan instansi terkait lainnya.

"Tetapi saya minta semua langkah dipercepat. Pengangkatan rangka jembatan, kendaraan, dan korban agar secepatnya bisa dilakukan. Karena jika semua ini telah selesai dan alur sungai bisa normal kembali, kapal-kapal pengangkut sembako, bahan bakar minyak, pengangkut barang, dan lain-lain sudah bisa lewat," ujarnya.

Selain itu, katanya, jika semua langkah evakuasi selesai maka pylon jembatan sudah bisa dirubuhkan berikut kabel-kabelnya yang masih menggantung, sehingga wilayah di sekitar jembatan aman.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011