Jakarta (ANTARA News) - Pasangan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir kalah pada pertandingan kedua Grup A ganda campuran Final Super Series, Kamis.

Pada turnamen yang digelar di Liu Zhou, China tersebut, pasangan peringkat empat dunia itu kalah oleh ganda campuran tuan rumah China, Xu Chen-Ma Jin 21-17, 7-21, 20-22.

Setelah memenangi game pertama, pasangan Indonesia itu langsung tertinggal cukup jauh 0-9 pada game kedua. Dan mereka hanya berhasil mengumpulkan tujuh poin sebelum pasangan China menyamakan kedudukan masing-masing satu game.

Game penentuan pun berlangsung ketat meskipun kesempatan untuk menutup pertandingan lebih dulu terbuka bagi pasangan Indonesia saat mereka memimpin 19-15 dan 20-19 namun akhirnya Xu Chen-Ma Jin yang membukukan kemenangan.

"Pada game kedua kami terbawa permainan lawan," ujar Liliyana mengenai permainan buruk mereka pada game kedua.

"Sayang sekali. Namanya juga permainan," tambah Liliyana menyesali kegagalan mereka memenangi game ketiga yang sudah di depan mata.

Soal ketiadaan pelatih yang mendampingi mereka bertanding, dengan bijak ia mengatakan, "harus kami hadapi bagaimana pun keadaannya."

Kekalahan tersebut membuat Tontowi-Liliyana berada di urutan ketiga Grup A di bawah pasangan Zhang Nan-Zhao Yunlei dan Xu Chen-Ma Jin. Untuk dapat bertahan pada turnamen tersebut pasangan Indonesia itu harus menenangi laga ketiga grup melawan Zhang Nan-Zhao Yunlei, Jumat.

"Ya besok harus menang," katanya.

Sementara itu, dua pemain tunggal Indonesia, Taufik Hidayat dan Simon Santoso mengalami kekalahan kedua dari dua pertandingan.

Taufik yang sehari sebelumnya kalah oleh Kenichi Tago, kali ini takluk di tangan bintang asal China Lin Dan 12-21, 19-21.

Sedangkan Simon yang sehari sebelumnya sudah mengantungi satu kekalahan dari pemain Denmark Peter Gade, menyerah kepada pemain nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei 10-21, 15-21.
(T.F005/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011