Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengharapkan keberadaan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) mampu memperkuat sinergitas pemerintah pusat dan daerah.

Dalam Rapat Kerja Gubernur seluruh Indonesia 2011, di Jakarta, Senin, Gamawan mengatakan, penguatan sinergitas tersebut yakni dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang efektif dengan asosiasi lainnya seperti asosiasi pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dan asosiasi pemerintah kota seluruh Indonesia.

"Dengan demikian APPSI sebagai wadah pemerintah provinsi seluruh Indonesia akan lebih mampu menjembatani pemerintah dengan pemerintahan daerah dalam menciptakan kerja sama yang harmonis, serasi, dan sinergis antarpemerintahan daerah," kata Gamawan.

Ia mengingatkan, APSSI adalah organisasi yang mengemban peran strategis dan bukan sekedar wadah berhimpun pemerintah provinsi seluruh Indonesia.

Mendagri menuturkan, tantangan penyelenggaraan pemerintah daerah ke depan akan semakin kompleks dan berat. Pemerintah daerah dituntut untuk mampu meningkatkan daya saing daerahnya, sementara di sisi lain daya kritis masyarakat semakin meningkatkan tajam.

"Maka pengurus APPSI perlu meningkatkan fasilitasi kepada anggotanya dalam rangka memperkuat kapasitas pemerintahan provinsi," katanya.

Untuk melaksanakan upaya tersebut, lanjut Mendagri, perlu dipikirkan pembentukan Sekretariat APPSI yang otonom dan kuat.

Selain itu Mendagri berharap agar APPSI selalu menjaga hubungan yang sinergis, positif, dan konstruktif dengan para pemangku kepentingan serta instansi pemerintah pusat, dan Kementerian Dalam Negeri.

"Kepentingan APPSI harus diletakkan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab dibawah naungan NKRI," katanya.

Sementara itu, dalam rangkaian agenda Raker Gubernur 2011 pada Senin malam, Mendagri sekaligus mengukuhkan Dewan Pengurus APPSI periode 2011-2015.

APPSI melalui musyawarah nasional IV pada 9 Desember 2011 di Semarang telah menetapkan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo sebagai ketua umum masa bakti 2011-2015. (H017/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011