Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera memboyong para pegawai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja secara daring sekaligus wisata atau digital nomad di Pulau Bidadari, Kabupaten Kepulauan Seribu untuk menggenjot potensi wisata bahari.

"Para OPD juga akan bekerja di sini jadi benar-benar ini kami aktivasi menjadi salah satu spot untuk bekerja sambil leisure," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Andhika Permata saat pencanangan "Jakarta Hajatan" di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa.

Baca juga: Anies promosi Kepulauan Seribu untuk pekerja digital

Selain para pegawai dari sejumlah OPD di DKI, lanjut dia, setelah pencanangan HUT ke-495 Jakarta itu, dalam lima hari berturut-turut juga akan mengajak para influencer atau figur yang memiliki pengikut banyak di media sosial.

Selain para influencer, ia juga akan membawa para pelaku digital nomad atau bekerja secara daring memanfaatkan digital sambil berwisata, untuk menikmati suasana beda di Kepulauan Seribu.

Tujuannya, agar promosi digital nomad di Kepulauan Seribu bisa makin dikenal luas masyarakat.

"Ini searah dan selaras dengan kebijakan bekerja bahkan sekarang sudah ada istilah work from anywhere dan memang Pemprovnya harus memberi contoh terlebih dahulu," ucapnya.

Salah satu pulau yang dicanangkan terlebih dahulu adalah Pulau Bidadari.

Di pulau resor itu, lanjut dia, pihaknya bersama manajemen Pulau Bidadari membuat paket perjalanan satu hari untuk digital nomad.

Adapun fasilitas yang dinikmati, lanjut dia, perjalanan mengelilingi pulau sekitar yang memiliki nilai sejarah yakni Pulau Cipir, Pulau Onrust, dan Pulau Kelor.

Pihaknya juga memfasilitasi kebutuhan akomodasi termasuk makanan.

Baca juga: Kepulauan Seribu tambah destinasi wisata religi berupa masjid

Selanjutnya, Pemprov DKI akan mengembangkan pulau-pulau lain di antaranya Pulau Untung Jawa, Tidung Kecil, hingga Pramuka yang merupakan pulau berpenghuni.

Untuk memastikan program itu berkelanjutan pihaknya akan menambahkan rute transportasi laut dari dan menuju Kepulauan Seribu dengan jadwal yang jelas dan harga yang lebih terjangkau.

Pihaknya juga akan meningkatkan konektivitas internet yang rencananya menambahkan titik-titik JakWifi di pulau-pulau publik dan juga mengajak penyedia internet.

Pemprov DKI juga akan menggandeng warga untuk meningkatkan homestay mereka agar semakin baik, kemudian kebutuhan dasar di antaranya listrik, Pemprov DKI menggandeng PLN dan swasta hingga penyediaan hiburan di antaranya festival musik indie.

Terkait paket digital nomad itu, Andhika mengimbau masyarakat dapat mengakses laman plus Jakarta, kanal Pulau Bidadari dan Taman Impian Jaya Ancol.

Baca juga: Belasan ribu wisatawan manfaatkan libur Idul Fitri ke Kepulauan Seribu

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022