Depok (ANTARA) - Dosen Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Ir. Evawani Ellisa, M.Eng., Ph.D., berinisiasi untuk melakukan renovasi Gedung Balekini, Kampung Cikini, Jakpus, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Kota dan Komunitas Berkelanjutan.

Renovasi Gedung Balekini bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM), dan Bank Muamalat Indonesia.

"Renovasi gedung tiga lantai ini ke depannya ditujukan agar dapat mendampingi warga setempat untuk bangkit dari pandemi dan meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat serta menumbuhkan kemandirian warga," kata Evawani dalam keterangannya, Selasa.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU mengatakan Ir.Evawani Ellisa, M.Eng., Ph.D. merupakan salah satu peneliti yang luar biasa dari FTUI. Dia telah lebih dari 10 tahun secara rutin melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Kampung Cikini.

Baca juga: Balekini, konversi balai RW sebagai wujud sinergi bangkit dari pandemi

Baca juga: UI kembangkan model untuk tekan angka kematian penderita diabetes


"Berbagai karya dan sumbangsih beliau dapat ditemukan di sini. Semoga Gedung Balekini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kampung Cikini," katanya.

Pada rancangan Gedung Balekini, Balai RW juga diintegrasikan dengan bilik-bilik isolasi mandiri di lantai 3 sehingga dapat menampung warga yang tidak memungkinkan isoman pada saat pandemi karena kondisi rumah yang tidak sesuai protokol kesehatan.

Di masa normal baru, sudah saatnya Balai RW memperbarui diri dan bertransformasi menjadi balai RW yang kekinian, warga sekitar kemudian sepakat untuk mengubah nama Balai RW Cikini menjadi BALEKINI.

Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi berharap dengan berdirinya gedung ini maka keguyuban dan kerukunan antar warga semakin terjalin. Selain digunakan untuk berbagai kegiatan  masyarakat, gedung ini juga menjadi tempat untuk pemberdayaan pemuda.

Selain itu juga pembinaan UMKM para warga dan pengelolaan bank sampah, sehingga besar peluang kemandirian ekonomi serta pengendalian sampah akan terbangun dari adanya Gedung Balekini ini serta dapat mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan Kota dan Komunitas Berkelanjutan.*

Baca juga: Mahasiswa FTUI runner-up se-Asia Tenggara berkat inovasi sabun cair

Baca juga: FTUI juara pertama lomba desain jembatan di NTU Singapura

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022