Surabaya (ANTARA News) - Jumlah penumpang transportasi udara melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya meningkat 14 persen karena tingginya permintaan pada libur panjang akhir tahun 2011.

"Penerbangan di sini mencapai puncak kepadatan pada hari ini karena mayoritas dari penumpang memilih melakukan perjalanannya pada akhir pekan," kata "General Manager" PT Angkasa Pura I (Persero), Trikora Harjo, saat ditanya terkait jumlah penumpang akhir tahun melalui Bandara Internasional Juanda, di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kalau pada hari normal banyaknya penumpang yang menggunakan layanan di Bandara Internasional Juanda mencapai 30.000-35.000 orang per hari.

"Rute domestik terpadat pada liburan kali ini adalah Denpasar. Bahkan, porsinya mencapai 40 persen," ujarnya.

Selanjutnya, rute penerbangan ke Jakarta dengan sumbangan 39 persen. Rute lain yang juga ramai penumpang di antaranya Makassar dan Balikpapan.

"Kalau penerbangan internasional, kenaikan jumlah penumpang terlihat di rute menuju Malaysia dan porsinya mencapai 41 persen," katanya.

Peringkat selanjutnya untuk rute penerbangan internasional, kata dia, yakni Singapura 31 persen dan Hong Kong 15 persen.

"Walau tahun ini jumlah penumpang meningkat, kami yakin tidak ada penumpukan penumpang mengingat pihak maskapai penerbangan dan pengelola bandara telah mengantisipasi hal tersebut," katanya.

Apalagi, ulas dia, Angkasa Pura I telah menyiapkan Posko Natal Tahun 2011 dan Tahun Baru 2012. Keberadaan posko tersebut diharapkan dapat menjadi solusi kenaikan jumlah penumpang.

Pada tahun lalu, jumlah penumpang hanya meningkat antara 5-7 persen dibandingkan pada kondisi normal, katanya.

Terkait penambahan frekuensi penerbangan, lanjut dia, sampai sekarang ada beberapa maskapai yang mengajukan izin, di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, dan Trigana Air.

"Garuda Indonesia menambah enam penerbangan dan Lion Air sebanyak dua penerbangan ke Denpasar," katanya.

(ANT-071/A027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011