Denpasar (ANTARA News) - Kepala Lembaga Pemsayarakatan (Lapas) Kelas II A Denpasar di Bali, Siswanto, akan dimutasi sebagai Kepala Lapas Lampung pada Januari 2012.

"Memang pengabdian saya di sini akan segera selesai, dan saya akan meninggalkan rekan-rekan, dan kembali ke Sumatra," katanya di Denpasar, Senin.

Siswanto mengatakan, untuk proses mutasi tersebut akan dilakukan prosesi serah terima jabatan (sertijab) di Lapas Denpasar pada 5 Januari 2012 mendatang.

"Sertijab nanti pada 5 Januari di Denpasar, lalu sertijab di Lampung dilaksanakan pada 7 Januari," ujarnya.

Kepala Lapas Denpasar akan dijabat oleh Bowo Nariwono, yang saat ini masih tercatat sebagai kepala Lapas Jambi.

Siswanto, yang berasal dari Medan, Sumatera Utara,  mengaku cukup senang dapat kembali bekerja di dekat kampung halamannya. Bahkan, sebelumnya Siswanto juga pernah menjabat sebagai Kalapas Anak Medan pada tahun 2008, sebelum menjadi Kalapas Denpasar.

"Kalau di Sumatra kan lebih dekat dengan Medan," ujarnya.

Selain jabatan Kalapas, jabatan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) juga terjadi di Lapas Denpasar. Jabatan KPLP yang sebelumnya dijabat oleh Andi Yudho, kini telah dijabat oleh Anang Khuzaini.

Anang Khuzaini merupakan petugas Lapas Denpasar yang menjabat sebagai Kepala Subsseksi Pembinaan. Sementara, Andi Yudho saat ini telah menjabat sebagai Kepala Subbidang Keamanan dan Ketertiban Divisi Pemasyarakatan di Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM Jawa Tengah. Mutasi terhadap KPLP tesebut pun diketahui mulai sejak sekitar empat hari yang lalu.

Menurut Siswanto, mutasi adalah suatu hal yang biasa terjadi di sebuah institusi pemerintah, sehingga dirinya pun siap untuk ditugaskan di mana saja. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011