Washington (ANTARA News) - Bintang bola basket Cina, Yi Jianlian, telah menyetujui kontrak satu tahun dengan juara bertahan NBA, Dallas Mavericks, demikian laporan yang dilansir ESPN dan media-media di wilayah Dallas pada Minggu.

Yi, yang menderita cedera lutut ketika bermain untuk Guandong Southern Tigers, dilaporkan akan mengikuti pelatihan di skuad pengembangan liga Texas Legends, untuk mengembalikan kondisinya sebelum bergabung dengan Mavericks.

The Legends dilatih oleh Del Harris, yang memimpin tim basket Cina untuk menduduki peringkat kedelapan pada Olimpiade Athena 2004.

Pada empat musim NBA-nya bersama Milwaukee, New Jersey, dan Washington, Yi menyumbangkan rata-rata 8,5 poin dan 5,3 rebound pada 24 menit saat dirinya bermain. Musim lalu, ia mencatatkan rata-rata 5,6 poin dan 3,9 rebound untuk Washington.

Yi (24) merupakan pemain free agent setelah ia membantu Cina lolos ke Olimpiade London 2012 pada tahun lalu. Ia memiliki catatan rata-rata 16,7 poin dan 10,3 rebound pada tiga pertandingan liga Cina, namun mendapat cedera setelah dirinya tertimpa rekan satu tim saat menjalani pertandingan.

Ia juga sempat diminati oleh San Antonio dan Golden State, sebelum menyetujui tawaran Dallas.

Mavericks adalah tim pertama sepanjang sejarah NBA yang memiliki pemain Cina, dengan Wang Zhi-Zhi yang melakukan debutnya dengan tim tersebut pada 2002.
(H-RF)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012