Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menginisiasi penjajakan kerja sama strategis antara Koperasi Karyawan Redrying Bojonegero (Kareb) dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui PT BGR Logistik Indonesia dalam rangka mendorong bisnis koperasi agar lebih maju dan berkembang.

"Alhamdulillah, hari ini bisa kami pertemukan Koperasi Kareb dengan BUMN BGR. LPDB-KUMKM akan support pada investasinya maupun modal kerja karena ini sudah jelas offtaker-nya," kata Direktur LPDB-KUMKM Supomo dalam keterangan resmi di Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa.

Koperasi Kareb merupakan mitra LPDB-KUMKM yang bergerak di bidang industri pengolahan tembakau dengan jangkauan pasar domestik maupun pasar internasional.

Saat ini, lanjut Supomo, Koperasi Kareb telah berkembang sangat pesat dan banyak memiliki unit usaha yang dijalankan. Salah satunya ialah industri pengolahan tembakau, mulai dari proses produksi hingga pengepakan agar menjadi produk rokok dengan kualitas yang memenuhi standardisasi industri.

"Kami melakukan kunjungan ke Koperasi Kareb, di mana Koperasi Kareb ini terlihat sekali perkembangannya dahulu dan sekarang. Saat ini, mereka sangat membutuhkan gudang karena konsumennya terus meningkat, dan Kareb memiliki standar operasi prosedur yang baik,” ungkap dia.

Dengan penjajakan kerja sama tersebut, diharapkan akan memberikan peningkatan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Ke depan, LPDB-KUMKM disebut bakal menciptakan ekosistem bisnis koperasi dari hulu hingga hilir guna memberikan nilai tambah bagi perekonomian anggota koperasi maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kami akan terus menciptakan ekosistem yang mendukung proses bisnis daripada mitra-mitra LPDB-KUMKM, sebab dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 04 Tahun 2020, LPDB-KUMKM selain fokus pembiayaan juga melakukan pendampingan," ucapnya.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022