Kerja sama dengan IAI dilakukan sebagai upaya mendorong sektor koperasi memiliki laporan keuangan yang baik dan sesuai standar
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) secara resmi menjadi salah satu mitra kerja atau corporate partner dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) guna meningkatkan kualitas dan kredibilitas laporan keuangan koperasi.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan koperasi merupakan salah satu sektor penting dalam pergerakan perekonomian, terlebih jumlah koperasi di Indonesia cukup banyak dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang fokus pada pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi, tentunya sangat concern terhadap laporan keuangan koperasi dalam proses pengajuan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir," katanya lewat keterangan di Jakarta, Rabu.

Menurut Supomo, dalam proses pinjaman atau pembiayaan, LPDB-KUMKM melaksanakan analisa bisnis terhadap mitra koperasi yang mengajukan pinjaman. Salah satunya melalui laporan keuangan yang dilihat, dipelajari, dan dianalisa secara menyeluruh, agar menghasilkan keputusan yang tepat apakah koperasi tersebut bisa mendapatkan pinjaman dana bergulir atau tidak.

"Tentunya kami sangat prudent (hati-hati) dalam menyalurkan dana bergulir, dan kami juga akan terus mengawal para koperasi untuk memiliki laporan keuangan yang baik, berkualitas, dan memiliki standar sesuai dengan standar dari Ikatan Akuntan Indonesia," imbuhnya.

Supomo menjelaskan kerja sama dengan IAI dilakukan sebagai upaya mendorong sektor koperasi memiliki laporan keuangan yang baik dan sesuai standar.

Lewat program Corporate Partner, diharapkan akan ada peningkatan kualitas laporan keuangan koperasi, termasuk manfaat lainnya meliputi peningkatan kompetensi SDM akuntan, update perkembangan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) terkini, dan beasiswa ujian Chartered Accountant (CA) IAI.

"Sehingga ke depan akan menjadi sangat baik bagi koperasi dan LPDB-KUMKM karena ada partner yang berstandar dan diakui oleh negara yakni IAI, dan pendampingan LPDB-KUMKM kepada koperasi dalam hal laporan keuangan menjadi lebih terarah, menganalisa juga tentu lebih baik dan terstruktur karena kami juga telah melakukan MoU bersama IAI," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Supomo juga dilantik sebagai Pengurus Kompartemen Akuntansi Sektor Bisnis IAI sebagai Bidang Organisasi dan Keanggotaan dengan Masa Bakti 2023-2027.

Baca juga: LPDB-KUMKM : Kerja sama KemenKopUKM - IAI permudah pembiayaan koperasi
Baca juga: LPDB-KUMKM gaet bank dari Korsel jajaki kerja sama pembiayaan bersama
Baca juga: LPDB KUKM dan notaris teken pakta integritas beri layanan akuntabel

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023