Barabai, Kalsel (ANTARA News)- Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bertekad meraih tropi Adipura sebagai kota terbersih dengan memanfaatkan semua potensi untuk membersihkan wilayah tersebut, demikian disebutkan oleh Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid, di Barabai, Kamis.

Upaya realisasi target ini akan dilakukan salah satunya dengan memberikan semangat kepada "pasukan kuning" (petugas kebersihan) untuk bekerja keras.

Bupati Harun Nurasid menyebutkan pasukan kuning adalah pahlawan kebersihan dan bila nanti HST berhasil merebut tropi Adipura maka para petugas kebersihan itu akan diberikan hadiah berupa undian umrah.

Guna meningkatkan kebersihan, khususnya di Kota Barabai ibukota HST, bupati menyerahkan bantuan tiga truk, sebuah buldozer, tiga kendaraaan roda tiga, dua kendaraan tossa kepada Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH).

Penyerahan tertsebut saat beramah tamah dengan pasukan kuning kabupaten setempat di Barabai, ibukota Kabupaten HST, setelah wilayah ini memperoleh anugerah Adipura.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala BPLH HST H Akhmad Tamzil menjelaskan bantuan tersebut bersumber dari APBD HST, serta bantuan dari bantuan Bank Kalsel melalui program CSR dan serta bantuan dari Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan.

Saat ini keberhasilan menciptakan lingkungan kota Barabai bersih dan sehat tak terlepas dari kerja keras pasukan kuning (petugas kebersihan) di Kantor BPLH HST yang berjumlah 125 orang.

Pasukan kuning bekerja non stop seminggu penuh tanpa ada hari libur dan pekerjaan pembersihan kota oleh Pasukan dijadwal terbagi dalam tiga shif yaitu pagi, siang, dan malam.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012