Bandung (ANTARA News) - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) siap mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp270 miliar pada 2012.

"Investasi yang dibutuhkan tahun ini hampir sama dibanding tahun 2011," kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI, Andi Alisjahbana, saat mendampingi Menteri BUMN Dahlan Iskan usai Rapat Sinergi BUMN di Gedung PTDI, Bandung, Kamis.

Menurut Andi, belanja modal akan digunakan untuk investasi pada mesin, produksi dan penambahan kemampuan operasional perusahaan.

Pada tahun 2011 ditambahkannya, PTDI harus menyelesaikan sejumlah pesawat pesanan Kementerian Pertahanan maupun pesanan dari Korea Selatan.

"Kita sedang memproduksi dua unit helikopter untuk TNI Angkatan Darat, dan menyelesaikan pesawat CN 235 pesanan Korea Selatan," ujar Andi.

Selain pesanan berupa pesawat dan helikopter PTDI juga sedang mengerjakan order komponen pesawat untuk Airbus, Airbus Military, dan Eurocopter.

Ia menambahkan, dana capex tersebut merupakan bagian dari pinjaman yang diperoleh dari PT Perusahaan Pengeloan Aset (PT PPA) sebesar Rp650 miliar pada Desember 2011.

"Sisa dari pinjaman tersebut akan digunakan untuk operasional dan modal kerja," katanya. (R017)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012