Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah sejumlah berita humaniora kemarin (8/6) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, antara lain Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan seluruh provinsi miliki RS rujukan jantung pada 2024, dan fase endemi COVID-19.

Menkes targetkan seluruh provinsi miliki RS rujukan jantung pada 2024

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menargetkan penyediaan fasilitas layanan rumah sakit rujukan untuk pasien stroke, jantung, kanker dan ginjal di seluruh provinsi di Indonesia pada 2024.

"Saya mau di 2024, seluruh provinsi sudah bisa melakukan pelayanan pasien stroke, jantung, kanker, ginjal. Artinya, bisa sampai bedah. Misalnya jantung, selain bisa pasang ring, tapi bisa bedah jantung terbuka," kata Budi Gunadi Sadikin, dalam agenda virtual Transformasi Kesehatan yang diikuti dari YouTube di Jakarta, Rabu sore.

Satgas IDI yakin Indonesia sudah di fase endemi COVID-19

Ketua Satgas PB IDI Prof Zubairi Djoerban meyakini situasi COVID-19 di Indonesia saat ini memasuki fase endemi berdasarkan sejumlah indikator epidemiologi yang telah membaik.

"Apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi? Saya akan jawab iya. Kenapa? Karena positivity rate-nya stabil di bawah tiga persen. Keterisian tempat tidur rumah sakit dan angka kematian juga rendah sekali," kata Zubairi Djoerban yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

47,012 juta jiwa telah mendapat vaksin dosis ketiga

Kementerian Kesehatan melaporkan penduduk Indonesia yang telah menerima vaksin dosis ketiga (penguat) sudah mencapai 47.012.401 jiwa atau mengalami penambahan sebesar 194.927 pada Rabu hingga pukul 12.00 WIB.

Dari data resmi yang diterima di Jakarta, penambahan penerima dosis ketiga ini setelah 167.859.558 jiwa mendapat vaksin dosis kedua. Terdapat penambahan sebanyak 63.238 jiwa yang mendapat vaksin dosis kedua pada Rabu.

Gunung Ile Lewotolok di Lembata kembali erupsi

Gunung Api Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur dilaporkan kembali erupsi sebanyak tiga kali dengan ketinggian mencapai 800 meter dengan asap warna kelabu.

"Teramati secara visual tiga kali letusan dengan tinggi 800 meter di atas puncak kawah," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Stanis Arakian saat dihubungi dari Kupang, Rabu.

BMKG ingatkan waspada potensi hujan lebat di sejumlah provinsi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi pada Rabu.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang seperti di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022