Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Bobcat Prasetyo, mengataka,  ajang Kasau Awards merupakan wujud apresiasi dari TNI AU kepada para insan jurnalis nasional dalam membangun citra positif di tengah masyarakat.

"Kasau Awards ini sebagai ajang penghargaan dan apresiasi dari TNI AU kepada jurnalis nasional yang telah berkiprah dan berpartisipasi aktif dalam membangun citra positif TNI AU di masyarakat nasional dan komunitas global," kata dia, saat menyampaikan sambutan dalam Kasau Awards 2022 di Gedung Puri Ardhya Garini, Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, karya para jurnalis dan rekan media itu akan menjadi sumbangsih berharga sekaligus wujud peran serta mereka dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan Kasau Awards 2022 adalah kesadaran dari TNI AU mengenai pembentukan kekuatan dan pembinaan kemampuan mereka yang tidak dapat dilakukan secara mandiri.

TNI AU, kata dia, membutuhkan kontribusi aktif dan peran serta dari seluruh elemen bangsa. Perwujudan hal tersebut, salah satunya melalui pelibatan media nasional yang ikut membangun citra TNI AU sekaligus memberikan kritik dan masukan bersifat membangun demi mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan.

Selanjutnya, dia menyampaikan bahwa Kasau Award 2022 merupakan ajang keempat kalinya yang telah diselenggarakan TNI AU.

Baca juga: Kasau: "Wing Day" lahirkan elang baru generasi penerus TNI AU

Pada tahun ini, dia mengatakan ada 111 jurnalis dari media cetak, daring (online), dan televisi dari Sabang sampai Merauke yang telah mengirimkan karya jurnalistik terbaik mereka sejak Januari hingga Mei 2022.

Selama lima bulan itu, terdapat 265 karya jurnalistik yang dikelompokkan dalam lima kategori, yaitu artikel isu strategis media cetak dan online, artikel isu humanis media cetak dan online, berita televisi, serta foto jurnalistik, dan foto dari masyarakat umum atau netizen.

"Selaku Kasau, saya sangat bersyukur dan mengapresiasi peningkatan partisipasi yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Artikel isu strategis maupun isu humanis yang dikirimkan merupakan tulisan-tulisan yang sangat menarik, menyentuh, dan menjadi sumbangsih untuk pemikiran berharga bagi kemajuan TNI AU," kata dia.

Baca juga: Kasau anugerahkan Bintang Swa Bhuwana Paksa kepada 2 pejabat BPK

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri Kasau Awards 2022, Dr Dadang Rakhmat Hidayat, yang merupakan dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung menyampaikan beberapa indikator yang digunakan dalam menilai karya-karya peserta.

Di antaranya, kesesuaian tema, aspek teknis, prinsip jurnalisme, redaksional, dan penggambaran beberapa nilai, seperti kemanusiaan, inklusivitas, keberagaman, serta relasi antara TNI AU dan masyarakat.

Adapun para pemenang Kasau Awards 2022 di antaranya, Rangga Baswara Sawiyya dari airspace-review.com dalam kategori artikel strategis media cetak dan online bertajuk "Menyongsong Kehadiran Elang-Elang Petembur Baru Penjaga Langit Pertiwi", Kurnia Yunita Rahayu dari Harian Kompas dalam kategori artikel humanis media cetak dan online bertajuk "Evolusi Enam Dekade 'Duta Bangsa di Angkasa'", serta Muhammad Taufan Rengganis dari TEMPO dalam kategori foto jurnalistik bertajuk "Helikopter TNI AU mengibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Langit Jakarta pada Hut Ke-76 RI".

Ada pula, kategori Berita Media Televisi yang dimenangkan oleh TVRI dengan karya bertajuk "TNI AU Menjaga Wibawa dan Kedaulatan Udara Nusantara", dan Akhmat Haridi dari Jawa Tengah yang memenangkan kategori foto jurnalistik yang bertajuk "JAT TNI AU Melintas di Atas Keraton Yogyakarta".

Baca juga: Kasau sebut upacara HUT ke-76 di Yogyakarta kota kelahiran TNI AU

Selain itu, dalam ajang Kasau Awards 2022 ini, TNI AU juga memberikan penghargaan kepada tim produksi, para pemain, bahkan pencipta dan penyanyi soundtrack film "Kadet 1947".

"Mengambil kesempatan yang baik ini, saya juga sampaikan apresasi secara khusus pada produser, sutradara, aktor, aktris, dan segenap kru film Kadet 1947 atas karya film yang terinsiprasi dari kisah nyata tentang perjuangan para terdahulu TNI Angkatan Udara," kata Fadjar.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, pemberian penghargaan pada seluruh pihak yang terlibat dalam produksi film "Kadet 1947" karena film itu cara kekinian dalam memberi dan menambah wawasan masyarakat mengenai TNI AU.

Ia pun menyampaikan film "Kadet 1947" berlatar belakang kejadian pada tahun 1947 di mana para kadet pertama kali melakukan operasi udara.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022