Warga selanjutnya diizinkan ziarah kubur setelah acara pemakaman, kira-kira tengah hari
Bandung (ANTARA) -
Kakak kandung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menyatakan pihak keluarga mengizinkan warga untuk memberikan doa atau berziarah langsung ke makam putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.
 
"Mengingat keterbatasan situasi kondisi di lokasi pemakaman, khususnya yang utama bagi pihak keluarga, kami mohon maaf yang berkenan menyampaikan doa di Gedung Pakuan, tidak perlu ke Pakuan. Warga selanjutnya diizinkan ziarah kubur setelah acara pemakaman, kira-kira tengah hari," katanya dalam jumpa pers virtual, di Bandung, Sabtu.
Ziarah untuk warga, katanya, bisa dilakukan setelah acara pemakaman Eril selesai dilaksanakan pada Senin (13/6) siang.
 
Menurut dia pada dasarnya tidak ada pembatasan bagi pihak mana pun untuk berziarah atau mendoakan Eril di pemakaman, namun perlu diatur supaya berjalan dengan tertib.
 
"Tidak dibatasi tapi lebih ke pengaturan waktu. Warga yang akan hadir atau berkeinginan menyampaikan doa, shalat jenazah dan lain-lain dipersilakan setelah acara keluarga perkiraan jam 23.00 malam hari pada Minggu sampai 8 pagi, pada Senin (13/6) di Gedung Pakuan," katanya.
 
Setelah acara pemakaman Eril selesai atau pada Senin (13/6) sekitar jam 12 siang maka masyarakat dipersilakan melakukan takziah atau ziarah kubur.
 
"Dan selanjutnya pada  Selasa (14/6) hingga Minggu (19/6), dibuka kesempatan masyarakat yang mau ziarah kubur. Ini juga ada di lahan area pemakaman keluarga, kita perlu diatur supaya tertib karena memang situasi di lokasi," demikian  Erwin Muniruzaman .

Baca juga: Jenazah Eril diperkirakan tiba di Bandung pada Minggu malam

Baca juga: Jenazah Eril tiba di Indonesia pada Minggu sore

Baca juga: Jasad putra Ridwan Kamil ditemukan oleh guru SD perempuan

Baca juga: Untuk makam Eril, lahan keluarga di Cimaung Bandung mulai disiapkan

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022