Kami apresiasi capaian Pemkot Medan program UHC ini.
Medan (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kota Medan Syaiful Ramadhan mendukung program cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage/UHC) atas upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di Kota Medan, Sumatera Utara.

"Program ini senapas dengan cita-cita PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dalam mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terjangkau, murah dan berkualitas," ujar Syaiful, di Medan, Senin.

Syaiful yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Medan menanggapi upaya serius Wali Kota Medan Bobby Nasution mewujudkan program UHC terealisasi sebelum 2024.

Fraksinya memberikan dukungan terhadap program cakupan kesehatan semesta, karena masyarakat kelas bawah sangat mengharapkan terealisasi pelayanan kesehatan gratis ini.

"Sejak lama kami mendorong agar program ini bisa direalisasikan maksimal. PKS di DPRD Kota Medan berkomitmen mendukung penganggaran program ini, sehingga masyarakat segera menikmatinya," katanya lagi.

Untuk diketahui, progres pencapaian program UHC sampai Mei 2022 telah mencapai 88,08 persen atau 2.224.601 jiwa dari total penduduk 2.525.077 orang di Kota Medan

"Kami apresiasi capaian Pemkot Medan program UHC ini. Hanya saja capaian itu belum menjadi ukuran keberhasilan, jika kualitas pelayanan kesehatan tidak lebih baik dari capaian tersebut," ujar Syaiful.

Mantan anggota Komisi IV DPRD Kota Medan ini menegaskan Pemkot Medan perlu menggenjot kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) dalam memaksimalkan program UHC ini di lapangan.

"Kolaborasi yang didengungkan Saudara Wali Kota Medan harus benar-benar bisa dijabarkan OPD di lapangan. Jangan sampai ada permasalahan malah saling lempar tanggung jawab," kata Syaiful pula.
Baca juga: 2.155.806 warga Medan dilindungi BPJS Kesehatan
Baca juga: ACT buka pelayanan kesehatan gratis di Medan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022